Anti Pokemon GO? Coba Deh 5 Game yang Juga Berkonsep AR Ini

Sama-sama menyatukan dunia nyata dan dunia maya, namun menawarkan jalan cerita yang berbeda-beda

Pokemon GO adalah game terpopuler saat ini. Meruntuhkan semua rekor dan ya.. nyaris semua orang memainkannya. Selain menggunakan karakter-karakter dari film animasi populer Pokemon, game ini juga memakai sistem permainan interaktif yang menggabungkan dunia nyata dan dunia maya. Sistem bernama Augmented Reality (AR) ini mampu menjadikan berbagai lokasi nyata sebagai titik-titik khusus sebagai tempat para pemain Pokemon GO mencari beragam item serta saling bertarung.

Namun, Pokemon GO bukanlah satu-satunya game berkonsep AR. Jadi, kalau kamu bukan penggemar Pokemon GO  dan tetap ingin mencoba serunya pengalaman Augmented Reality, kamu bisa memilih game-game berikut ini:

1. Ingress

Tahukah kamu kalau Ingress merupakan nenek moyang Pokemon GO? Hampir semua data geo-location pada Pokemon GO diambil dari game ini. Pengembangnya pun juga sama, Niantic Labs yang dipimpin oleh John Hanke. Ingress dirilis pada Desember 2013 dan tersedia untuk platform Android dan iOS secara gratis, tentunya dengan penawaran pembelian di dalam aplikasi (in-app purchase).

Memiliki konsep identik, Ingress menggunakan jalan cerita kubu The Enlightened dan The Resistant yang memiliki visi bertolak belakang. Dalam game ini, kamu harus menjelajahi dunia nyata untuk mencari sumber energi misterius menggunakan beragam item untuk memperluas kekuasaan. Kamu bebas memilih kubu, apakah The Enlightened yang ingin menguasai dunia atau, The Resistant yang berusaha mencegah hal itu terjadi dan berpihak pada kemanusiaan.

2. Clandestine Anomaly

Clandestine Anomaly menceritakan tentang bagaimana kamu harus mempertahankan Bumi dari serangan alien. Secara acak, pesawat-pesawat alien dapat menyergap area sekitarmu secara tiba-tiba. Untuk itu, kamu harus membangun benteng pertahanan sekaligus melakukan penyerangan. Kamu bisa mengubah kamar tidurmu menjadi kantor pusat pertahanan atau, memilih mengunjungi berbagai lokasi di dunia nyata dan memasang struktur pertahanan tangguh. Clandestine Anomaly dikembangkan oleh ZenFri dan tersedia untuk platform Android dan iOS.

3. Parallel Kingdom – Age Of Ascension

Game online multi pemain masif (MMORPG) ini menggunakan tema dunia kerajaan fantasi berbasis dunia nyata. Yang unik, Parallel Kingdom – Age Of Ascension membebaskan kamu untuk memilih jalan permainan sendiri. Kamu bisa mengembangkan sebuah kerajaan hingga makmur atau fokus membentuk kekuatan militer untuk menyerang kerajaan lain.

Game buatan PerBlue ini menyediakan lebih dari 40 level dengan 50 pilihan keahlian, 14 tingkatan karakter, dan delapan arena. Tersedia secara gratis untuk platform Android dan iOS dengan tawaran pembelian di dalam aplikasi.

4. SpeckTrek

SpecTrek menawarkan permainan memburu hantu menggunakan kamera smartphone. Saat bermain, kamu diharuskan menjelajah dunia nyata dengan bantuan peta GPS. SpecTrek secara realtime akan merekam semua statistik, penghagaan, dan aktivitas game lainnya. Game ini tersedia gratis tanpa penawaran pembelian di dalam aplikasi untuk perangkat Android saja.

5. Zombies, Run!

Kalau game-game lain mengharuskan kamu untuk terus menatap layar smartphone, maka Zombie, Run! berbeda. Di game ini, kamu justru harus terus berlari untuk menghindari kejaran para zombie. Cukup dengan memakai earphone, kamu akan langsung disuguhi suara-suara asing sebagai tanda ada zombie di sekitarmu.

Setiap sesi lari menjadi misi tersendiri untuk meloloskan diri dari serangan zombie dan secara otomatis kamu akan mendapat item untuk mengembangkan pangkalan yang merupakan habitat tunggal manusia setelah serangan zombie. Zombies, Run! dapat berjalan di perangkat Android versi 4.0 ke atas dan iOS minimal versi 8.0, lengkap dengan tawaran pembelian di dalam aplikasi.


Game-game seru di atas mempunyai tema berbeda-beda dan tentu saja, sama-sama menggunakan teknologi AR. Jadi, mana yang ingin kamu mainkan pertama?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Nih 5 Tips Ampuh Buat Kamu yang Ingin Tidur Nyenyak Berkualitas!

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Menghapus Kata Maaf dari Kamus Hidupmu