Biar Puasamu Nggak Sia-sia, Ini 5 Cara Ampuh Menghindari Riya

Sembunyikan ibadahmu seperti kamu menyembunyikan aib-aibmu

Bulan Ramadhan memang momen yang paling tepat untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Tarawih jemaah setiap hari selama sebulan penuh, perbanyak mengaji dan sedekah, rajin sholat sunah, dan juga dzikir tiada henti. Jika dilakukan, kegiatan-kegiatan tersebut menjadi ladang pahala bagimu. Tapi jika dibarengi dengan riya, pahala yang kamu peroleh akan hilang sia-sia. Sifat riya merupakan perbuatan yang dengan sengaja memperlihatkan atau menunjukkan amal ibadah kepada orang lain. Penyakit hati satu ini sangat dibenci oleh Allah.

Baca juga : Kisah Pernikahan ABG 16 Tahun dengan Seorang Nenek 71 Tahun, yang Mengegerkan Jagat Dunia Maya

Cara menghindari sifat riya (baguskali.com)

Tak hanya menghilangkan pahala, sifat riya juga bisa mencelakakan kamu di akhirat kelak. Memiliki sifat ini, kamu akan jauh dari pertolongan Allah. Masalahnya, menghindari riya bukanlah perkara mudah. Apalagi di era kekinian seperti saat ini. Update status atau upload foto ketika sholat saja sudah termasuk riya. Biar pahala Ramadhan nggak ilang sia-sia, berikut ini ada beberapa cara menghindari riya yang bisa kamu coba.

1. Menjaga tauhid

Hal pertama yang bisa kamu coba adalah degan menjaga tauhid. Kamu harus menanamkan pada dirimu bahwa kamu bukanlah apa-apa dibandingkan kebesaran Allah. Kamu bahkan lebih kecil daripada debu sekalipun. Hanya Allah yang berhak memiliki semua sikap baik.

Selalu menjaga tauhid (islam.com.kw)

Jika kamu benar-benar bisa mengingat dan menanamkan hal ini, kamu bisa terhindar dari sikap riya. Kamu akan merasa kecil dan merasa tidak pantas mendapatkan pujian. Karena sejatinya, semua pujian hanya untuk Allah semata.

2. Mendekatkan diri pada Allah

Di bulan yang baik ini, sudah seharusnya kamu makin mendekatkan diri kepada Allah. Mempelajari lagi apa saja perintah-Nya dan apa-apa saja yang menjadi larangan-Nya. Semakin dekat kamu dengan Allah, semakin patuh kamu pada setiap ketentuannya.

Mendekatkan diri pada Allah (aboutislam.net)

Ketika kamu mendekatkan diri pada Allah dan tau bahwa riya menjadi salah satu sifat yang paling dibenci Allah, kamu tak akan melakukannya. Tanpa harus disuruh dan diingatkan, kamu dengan senang hati menjauhi riya.

3. Menempatkan diri sebagai hamba Allah

Iya, sejatinya kamu hanya makhluk Allah yang lemah tiada daya. Makhluk Allah yang penuh dengan kelemahan dan juga kesalahan. Kamu selalu membutuhkan ridho dan juga pertolongan-Nya. Dan salah satu cara adalah dengan ibadah. Tapi jika ibadahmu diniatkan untuk mendapat pujian, bagaimana bisa ridho Allah akan turun kepadamu?

Menempatkan diri sebagai hamba Allah (mvslim.com)

Tak hanya itu, riya akan menjauhkanmu dari semua pertolongan Allah. Ketika kamu berdoa memohon pertolongan dari-Nya, tapi setelah itu kamu mengumbarnya di sosial media, yakinkah kamu Allah akan menolongmu?

4. Percaya bahwa surga dan neraka benar adanya

Dunia ini hanya sementara. Kata orang-orang, hidup di dunia ini seperti orang yang mampir minum kopi. Hanya singkat dan sebentar saja dan kemudian kehidupan berlanjut di akhirat yang lebih kekal dan abadi. Tentu kamu menginginkan surga-Nya kan? Sementara sikap riya justru menjauhkanmu dari surga.

Percaya bahwa surga dan neraka benar adanya (fthmb.tqn.com)

Dengan percaya bahwa surga dan neraka ada, kamu akan memiliki rasa takut akan sifat riya. Akan lebih baik gunakan sisa bulan Ramadhan ini dengan introspeksi diri dan mulai merubah diri untuk jadi lebih baik agar semua amalan tak hilang sia-sia.

5. Yang terpenting, sembunyikan ibadahmu seperti kamu menyembunyikan semua aibmu

Nah inilah yang paling penting. Saat kamu beribadah atau berbuat kebaikan, sembunyikanlah sebisa mungkin. Sembunyikan ibadahmu selayaknya kamu menyembunyikan dosa dan semua aib yang kamu punya. Jangan tunjukkan kepada orang lain, apalagi dengan sengaja.

Yang terpenting, sembunyikan ibadahmu seperti kamu menyembunyikan semua aibmu (huffpost.com)

Menyembunyikan semua amalan dan juga ibadah tak hanya menghindarkan dari sifat riya, tapi juga akan membantumu belajar lebih ikhlas. Tak usah pedulikan omongan orang lain, Allah maha tau segalanya.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghindarkanmu dari sikap riya. Semoga berhasil ya!

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Karena Sudah Keterlaluan, Maka Menjadi Penting untuk Tahu Hukum Petasan dalam Islam

Demi Profesionalitas dan Keluarga, Mereka Rela Tetap Bekerja di Hari Lebaran