Buat Kamu yang Bercita-Cita Ingin Viral di Internet, Pahami Dulu 5 Bahaya Ini

Kamu salah besar kalau hanya berpikir bahwa viral adalah jalan menuju ketenaran

Sejak merebaknya era media sosial, banyak orang berlomba-lomba memanfaatkannya untuk mencari popularitas Maklum, melalui media sosial siapapun bisa berubah menjadi orang terkenal dalam sekejap asalkan punya ketekunan dan konten menarik. Tak heran kalau ada sekumpulan anak muda kekinian menyanyikan lagu dengan lirik “YouTube lebih dari TV” karena mereka meraih ketenaran dari YouTube.

Tidak hanya YouTube, kamu juga bisa saja meraih popularitas dari Instagram, Facebook, maupun Twitter. Namun yang amat disayangkan, ada juga orang-orang yang memilih jalan pintas untuk meraih ketenaran di media sosial. Alih-alih membuat konten berkualitas, mereka hanya sekedar membuat sesuatu yang mudah viral. Mulai dari membuat challange tak berfaedah hingga mengumbar foto kemesraan yang berlebihan. Mereka tak sadar, bahwa sesungguhnya ada bahaya yang mengintai sebagai imbas dari viralnya sesuatu.

1. Tak lagi punya privasi

Ini adalah resiko utama yang akan dirasakan oleh orang-orang terkenal. Ketika kamu merasa bahwa dikenal orang adalah sebuah hal yang membanggakan, coba pikir lagi. Beberapa selebritas ternama bahkan mengeluh karena tak lagi bisa bebas makan di restoran manapun karena selalu dikejar oleh fans.

Video mirip Marion Jola membuat privasi kontestan Indonesian Idol ini hilang (tribunnews)

Contoh lain, beberapa waktu lalu viral beredar video porno mirip Marion Jola Indonesian Idol yang ramai jadi perbincangan. Meski Marion Jola sudah membantah bahwa video terebut adalah dirinya, kita pasti tahu ada banyak orang kepo yang akan terus menerornya dengan pertanyaan maupun pernyataan seputar video tersebut. Keviralan tersebut jelas bukan kemauan Marion Jola, namun dampaknya amat besar hingga ia tak lagi punya privasi.

2. Kehidupanmu terganggu

Video ngik-ngik dance Lexa Pebrianti (youtube.com)

Terkadang, kita mugkin tidak berniat untuk membuat sesuatu yang viral. Namun tak disangka, hal tersebut justru menjadi ramai diperbincangkan. Masih ingatkah kalian dengan Lexa Pebrianti yang kondang gara-gara ngik-ngik dance atau Marsha Bengek? Sejak follower Instagramnya naik pesat, ia mulai mendapat gangguan-gangguan iseng dari orang tak bertanggung jawab. Akun Instagramnya di hack beberapa kali sehingga ia terpaksa membuatnya lagi. Ini mungkin sepele, namun bayangkan jika nantinya muncul gangguan-gangguan lain yang lebih besar. Sudah siapkah kamu?

3. Pendidikan terganggu

Bagi mereka yang masih menempuh jenjang pendidikan, mendadak terkenal karena salah satu posting-an media sosialnya viral tentu berimbas panjang pada pendidikannya. Seperti kita tahu, banyak sekali media yang gemar mengulas sesuatu yang tengah viral.

Nama Afi Nihaya viral karena dianggap mempunyai pandangan dewasa meski masih SMA. Belakangan, kita tahu ia banyak menjiplak buah pikiran orang lain (newsjs.com)

Bisa dipastikan, mereka yang mendadak viral akan sering mendapat undangan untuk menghadiri sesi wawancara baik di televisi ataupun media lainnya. Bisa jadi kamu bakal keteteran mengatur jadwal belajar dan jadwal aneka wawancara itu!

4. Karier berantakan

Karier Norman Kamaru berantakan gara-gara video lipsync-nya viral (Bangka Pos)

Kasus terbaik untuk menggambarkan dampak buruk viral pada pekerjaan bisa kita temui di Norman Kamaru. Seperti kita tahu, namanya mendadak viral karena video lipsync joged India yang dilakukannya ketika masih bertugas sebagai anggota Brimob di Gorontalo menjadi perbincangan. Karena kerap meninggalkan tugas tanpa pemberitahuan yang jelas, Norman pun diberhentikan secara tidak hormat oleh pihak kepolisian. Kariernya di dunia entertainment yang dianggap sebagai aji mumpung pun mentok tanpa kelanjutan.

5. Keluarga terkena imbasnya

Melihat sepak terjang Awkarin di media sosial, kira-kira seperti apa reasi keluarganya? Bagaimana pula keluarganya menanggapi jika ada orang yang bertanya pada mereka? (Instagram)

Selain mengubah kehidupan pribadi, tak jarang keluarga juga ikut terkena imbasnya. Awak media yang haus informasi dan tidak mendapatkannya darimu, besar kemungkinan akan mengorek informasi dari anggota keluarga lainnya. Kalau sudah demikian, privasi orang-orang terdekat pun ikut terganggu.

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *