Jika Sewa Gedung Dirasa Mahal, 5 Alternatif Tempat Resepsian Berikut Ini Bisa Jadi Pilihan

Karena tiap tahun harga sewa gedung makin tak terhitung~

428
SHARES

Pernikahan menjadi salah satu momen sakral yang terjadi sekali seumur hidup. Nggak heran sih banyak orang yang mempersiapkan pernikahan dengan sebaik mungkin. Mulai dari gaun pengantin, catering, hingga tempat pernikahan. Iya, venue menjadi salah satu aspek penting dalam penyelenggaraan pernikahan.

Rata-rata orang memilih gedung sebagai tempat upacara pernikahan dilangsungkan. Tentu saja kalau kamu juga menginginkan gedung, ekstra biaya menjadi salah satu syaratnya. Biaya gedung saat ini beraneka ragam tergantung dengan lokasi dan fasilitas yang disediakan. Rata-rata dipatok harga mulai 3 juta rupiah hingga ratusan juta.

5 Alternatif Tempat Resepsian (thebridedept.com)

Sebenarnya, pernikahan nggak selalu harus digedung kok. Apalagi kalau budget kamu terbatas. Ada beberapa tempat alternatif dengan biaya yang relatif terjangkau untuk lokasi pernikahanmu. Meskipun terjangkau, 5 tempat ini dijamin nggak kalah keren dari gedung. Yuk cek apa aja yang bisa kamu gunakan sebagai tempat resepsian kece.

1. Pernikahan dirumah? Kenapa enggak!

Mengadakan pesta pernikahan dirumah bisa kamu coba untuk memangkas biaya. Kamu nggak perlu pusing nyari tambahan dana untuk sewa dan bisa mengalihkan dana tersebut untuk keperluan lainnya. Manfaatkan saja spot-spot yang ada dirumah dan sekitar untuk dekorasi. Apalagi kalau rumahmu memiliki halaman yang cukup luas, yang bisa kamu gunakan untuk venue pernikahan.

Pernikahan dirumah (Aida Decoration Exhibition – blogger)

Lebih baik dekorasi yang sederhana agar lebih hemat dan sesuai dengan tempat. Selain hemat, waktu pesta juga bisa lebih fleksibel. Berbeda dengan gedung yang dibatasi waktunya yang biasanya hanya 4-5 jam saja. Kekurangannya, kamu harus menyesuaikan jumlah tamu dengan luas venue yang kamu gunakan. Karena rumah akan sangat berbeda dengan gedung yang bisa menampung hingga ribuan tamu.

2. Sewa villa aja, bisa sambil nginap!

Kalau kamu nggak mau rumah jadi kaya kapal pecah selepas pesta pernikahan, kamu bisa menjadikan villa sebagai pilihan. Iya, mengadakan pesta pernikahan di villa menjadi salah satu solusi hemat. Apalagi kalau kamu berniat mengadakan private party. Selain harga sewa yang lebih hemat dari gedung, kamu juga bisa sambil menginap gratis disana. Kamu juga bisa memilih mau pesta di indoor atau outdoor, atau bahkan keduanya. Tinggal cari aja villa yang tepat sesuai tema yang kamu inginkan.

Sewa villa (idepernikahan.com)

Sekarang sudah banyak villa yang disediakan untuk persta pernikahan. Kamu bisa menemukannya di Bandung, Bogor ataupun wilayah lainnya yang menyediakan persewaan villa. Lagi-lagi masalah kapasitas tamu perlu kamu pertimbangkan sama halnya seperti persta di rumah. Atau sebagai solusi kamu bisa memilih villa yang memiliki halaman luas jika jumlah tamu tak bisa kamu pangkas.

3. Jangan salah, hotel juga bisa jadi salah satu pilihan

Mendengar nama “hotel” kamu pasti langsung berpikir biaya sewa yang mahal, bahkan bisa melebihi sewa gedung. Tunggu dulu, sekarang banyak kok hotel yang menyediakan paket pernikahan yang -mungkin- jauh lebih hemat dari yang kamu bayangkan. Hotel biasanya menawarkan paket catering dan gratis venue serta yang lainnya. Artinya kamu hanya membayar biaya catering yang biasanya dihitung per-pax dan akan mendapatkan gratis venue ballroom di hotel tersebut.

Hotel (thebridedept.com)

Meskipun nggak semuanya, beberapa hotel bahkan menawarkan gratis dekorasi, MC, musik, hingga mobil pengantin. Kamu hanya harus mempersiapkan gaun pengantin, makeup, dan keperluan lainnya. Bahkan bisa lebih hemat dibanding kamu menyewa gedung dan mempersiapkan segalanya secara terpisah.

4. Pernah berpikir menggunakan cafe sebagai venue pernikahan?

Apalagi kamu yang anak tongkrongan, kamu bisa mencoba cafe sebagai alternatif pengganti gedung. Mungkin beberapa cafe ada yang menyewakan paket pernikahan seperti hotel. Kamu hanya membayar untuk catering dan bisa dapat gratis tempat serta yang lainnya. Meskipun ada juga cafe yang menyiapkan catering beserta tempat saja tanpa ada tambahan lainnya. Yang harus kamu lakukan adalah survey dan bandingkan harga satu cafe dengan yang lainnya agar mendapat harga paling baik. Pertimbangkan juga fasilitas yang akan kamu dapat nantinya.

Cafe (archiverentals.com)

Menggunakan cafe sebagai venue pernikahan akan membuat pestamu terasa jauh lebih hangat. Teman, keluarga, dan tamu undangan bisa merasa lebih dekat dan akrab. Cafe juga dirasa cocok untuk kamu yang memilih tema simpel yang nggak terlalu formal.

5. Taman di sekitar rumah bisa jadi pilihan tepat nan murah

Apalagi untuk kamu yang halaman rumahnya sempit dan tak memadai untuk diselenggarakan pesta pernikahan, kamu bisa pilih alternatif satu ini. Beruntung kalau rumahmu dekat dengan taman yang lumayan luas untuk venue pernikahan. Kamu bisa mengusung konsep garden party biar lebih sesuai dengan lokasi. Pilih saja dekorasi simpel biar nggak buang-buang biaya. Karena biasanya di taman sudah disediakan berbagai fasilitas seperti bangku yang bisa kamu manfaatkan.

Taman dekat rumah (Pinterest)

Sewa taman mungkin bisa jauh lebih murah atau bahkan gratis. Tapi kamu harus bisa menjaga kebersihan dan juga memastikan bahwa tamu nggak akan merusak apapun yang ada disana, apalagi menginjak-injak tanaman. Duh, jangan sampai ya!

Nah itulah 5 pilihan tempat pernikahan selain gedung yang bisa kamu pilih. Karena jauh lebih hemat, kamu bisa mengalihkan dana sewa untuk keperluan yang lainnya. Menurut kamu, enakan nikah dimana nih? 😀

428
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"