5 Alasan Kenapa Cinta Pertama Susah Untuk Dilupakan

Hayoo ngaku, masih suka inget sama cinta pertama kan?

Sesuatu yang menempati posisi pertama pasti mendapatkan tempat tersendiri di hati kita, tentu kita hanya mengenal Neil Amstrong sebagai orang yang pertama kali menginjakan kaki di bulan, padahal ia melakukan misi mendarat di bulan dengan beberapa rekannya seperti Edwin Aldrin dan Buzz Aldrin. Namun karena Neil Amstrong yang pertama kali menginjakan kaki di Bulan, ia lebih populer dibandingkan dua rekannya tersebut.

Baca juga : 5 “Kelakuan” Cewek Kepada Pacarnya Ini Bisa Membuat Jantung Si Cowok Berdetak Kencang

Masih ingat kan saat pertama kali pacaran kirim-kiriman surat?(yafi20.blogspot.com)

Pun dalam persoalan cinta, konon cinta pertama mendapatkan tempat tersendiri di hati hingga sangat susah untuk dilupakan. Meskipun mungkin sekarang bersama dengan orang baru yang kamu cintai, namun tentu kenangan awal pacaran masih membekas erat di pikiranmu. Yah, itulah cinta pertama, kenangannya tak tehingga sepanjang masa. Mau tahu alasannya kenapa cinta pertama susah dilupakan? Simak yuk lima alasan berikut.

1. Ia yang pertama memberikan pengalaman pahit manisnya jatuh cinta

Cinta pertama merupakan moment terindah dimana kamu pertama kali menyukai lawan jenis, saling curi-curi pandangan, malu-malu mengutarakan perasaan, jangankan untuk bergandengan tangan, untuk menatap matanya saja rasanya cukup segan. Itulah cinta pertama, sederhana namun sangat berkmakna.

Cinta pertama memberikan banyak pengalaman baru (pojoksatu.id)

Namun bukan hanya memberikan pengalaman manis saja, cinta pertama juga yang pertama kali memberikan kita pengalaman sakitnya patah hati, syahdunya dirundung rindu, kecewanya saat dihianati, perihnya saat diselingkuhi, dan galaunya saat hubungan harus diakhiri. Itulah pertama kalinya kita merasakan pahit manisnya cinta, jadi susah untuk dilupakan.

2. Karena dia yang pertama kali membuatmu jatuh cinta, maka kenangan yang ada lebih dalam

Kenapa sih cinta pertama susah untuk dilupakan? Jawabannya ya karena itu pertama kali kamu jatuh cinta. Saat pertama jatuh cinta kenangan yang kamu dapatkan akan lebih dalam dan lebih lama membekas di dalam hati dan pikiran. Tidak percaya? Coba, tentu kamu masih ingat kapan pertama kali kamu ditembak atau menembak? Pasti kamu masih menyimpan memori kenangan indah bersama cinta pertama. Iya kan? Hayoo ngaku saja 😀

Diakui atau tidak cinta pertama memberikan kenangan yang lebih dalam bukan? (pexels.com)

3. Cinta pertama memberikan banyak harapan

Karena belum pernah merasakan kekecewaan dan sakit hati, biasanya saat kita pertama kali jatuh cinta langsung memberikan harapan yang banyak terhadap cinta itu. Harapan sampai ke jenjang pernikahan lah, harapan itu cinta yang pertama dan terakhir kalinya lah, dan harapan-harapan yang lainnya.

Saat awal pacaran masih banyak kan harapan buat pasangan?
(kompasiana.com)

Namun saat kamu pernah merasakan sakitnya kekecewaan karena harapan tidak sesuai kenyataan, kamu akan mengurangi harapan jika menemukan cinta lagi. Harapan yang kamu berikan pun tidak sebanyak terhadap cinta pertama, tentu karena takut kecewa lagi. Banyaknya harapan pada cinta pertama akan membuatmu semakin susah melupakannya.

4. Ia akan selalu menjadi pembanding dengan cinta yang selanjutnya

Tidak dipungkiri, banyak orang yang diam-diam membandingkan pasangannya yang sekarang dengan mantan pacarnya dulu, khususnya cinta pertamanya. Entah itu karena sekarang lebih baik, atau lebih buruk. Kadang tanpa kamu sadari, kamu kerap membandingkannya pasanganmu sekarang  dengan cinta pertamamu.

Meskipun sudah move on, kamu kadang membandingkan pasangnmu sekarang dengan cinta pertamamu dulu (vebma.com)

Karena sering dibandingkan dengan pasanganmu yang sekarang, kenangan bersama cinta pertama tanpa diundang akan hadir kembali di kepalamu sekarang. Dia akan muncul lagi, baik karena kekurangannya atau kelebihannya yang kamu bandingkan. Itulah kenapa cinta pertama susah untuk dilupakan, karena selalu hadir sebagai bahan pembanding.

5. Banyak memberikan kenangan dan pengalaman baru

Dengan cinta pertamalah kamu pertama kali merasakan romantisnya dinner bersama orang yang kamu sayang, yah meskipun mungkin tidak begitu mewah namun tentu itu sangat berkesan bukan? Dengan cinta pertama juga kamu bisa merasakan senangnya saat pagi-pagi mendapatkan pesan “selamat pagi sayang,” pengalaman pertama mendapatkan perhatian, mengunjungi tempat-tempat romantis, atau nonton bioskop bareng dengan orang tersayang.

Cinta pertama banyak mengajarkan tentang hal baru dan pengalaman baru (theculturetrip.com)

Kenangan dan pengalam baru tersebutlah yang menjadi faktor cinta pertama susah untuk dilupakan. Bahkan banyak yang mengatakan, melupakan orangnya sih mudah, yang susah melupakan kenangannya!

Itulah 5 alasan cinta pertama susah untuk dilupakan, namun meskipun demikian bukan berarti kamu masih terperangkap di masa lalu bersamanya. Susah melupakan belum tentu gagal move on, dan berhasil move on juga belum tentu sudah melupakan. Yang perlu diingat, meskipun kenangan kamu dengan cinta pertama masih membekas, namun kamu yang sekarang dengan cinta yang baru percayalah dia lebih baik darinya. Sebab kamu tidak akan memilih sepatu baru yang lebih buruk dari sepatu dulumu bukan?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Girls, Ternyata Ini 4 Alasan Mengapa Cowokmu Nggak Pernah Bisa Peka

Bukan Hanya Sebagai Ajang Nostalgia, Inilah Tujuan “Terselubung” Diadakannya Reunian!