Hadapi 4 Tipe Penumpang Kereta Api dengan Cara Ini, Agar Mudik Tetap Nyaman dan Happy

Nggak mau kan sebal sepanjang perjalanan karena kelakuan mereka?

Bagi masyarakat Indonesia, mudik sudah menjadi budaya yang tak bisa dilepaskan ketika Lebaran. Euforia pulang kampung ini biasanya mulai terasa satu minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri. Banyak yang berbondong menuju terminal, pelabuhan, hingga stasiun demi mendapatkan tiket ke kampung halaman.

Tipe penumpang kereta (beritasatu.com)

Hingga saat ini kereta masih menjadi pilihan utama transportasi mudik. Saking banyak peminatnya, PT. KAI bahkan harus menambah gerbong setiap tahun. Itu juga belum bisa menampung semuanya, sehingga sebagian harus kecewa karena tak kebagian kursi. Jika kamu salah satu yang beruntung mendapatkan tiket, ada beberapa tips penting nih untuk kamu.

Namanya juga transportasi umum, jadi sudah biasa kalau kamu akan bertemu sekian banyak tipe orang saat di dalam gerbong nanti. Ada yang baik ada juga yang rese dan bikin sebal. Agar mudik tetap nyaman bahkan happy aja, begini cara mengatasi 4 tipe penumpang kereta api berikut ini.

Hobi duduk di bangku yang bukan haknya

Sebagai salah satu pengguna kereta, kamu pasti pernah menemui tipe satu ini. Yap, bisa dibilang tipe ini hobi banget merebut tempat duduk orang lain. Misalnya dalam satu deret seharusnya kursimu dekat jendela, namun penumpang ini tahu-tahu duduk di tempatmu begitu saja. Sementara kamu harus duduk di kursinya yang dekat gang.

Hobi duduk di bangku yang bukan haknya (idntimes.com)

Perebut tempat duduk ini memang sebagian memiliki alasan yang wajar. Seperti tak bisa langsung terpapar udara pendingin ruangan, atau manula yang ingin istirahat lebih nyaman karena dekat jendela. Namun ada juga yang menyebalkan dengan alasan duduk duluan di tempat itu.

Untuk mengatasinya, kamu bisa masuk kereta jauh sebelum jam keberangkatan. Jika tidak, tegur secara halus dan minta dia untuk pindah. Tapi jika orang tersebut memiliki alasan yang tepat maka berilah toleransi padanya.

Ngobrol di sepanjang perjalanan

Tipe ini biasanya datang secara bergerombol dalam satu gerbong. Mereka berusaha mengakrabkan diri dengan saling mengobrol namun tak sadar jika orang lain butuh istirahat sepanjang perjalanan. Tak hanya bicara panjang lebar, terkadang suaranya memenuhi satu gerbong.

Ngobrol di sepanjang perjalanan (travelingyuk.com)

Salah satu cara yang bisa kamu gunakan adalah pasang earphone atau headset dan putar lagu untuk mengurangi gangguan tersebut. Bisa juga kamu pasang gesture seakan terganggu dengan obrolan mereka. Setelah itu tinggal berdoa agar mereka sadar sudah mengganggu penumpang lain.

Menghabiskan tempat

Hampir mirip dengan poin pertama, hanya saja penumpang tipe ini menggunakan kursi orang lain untuk menaruh barang. Entah itu meletakkan barang-barang di koridor, menumpangkan kaki ke bangku depan, atau memepetkan badan ke penumpang lainnya. Yang jelas bikin kursi makin sempit.

Menghabiskan tempat (travelingyuk.com)

Untuk mengatasinya, kamu harus menegur dengan sopan. Jelaskan ada tempat barang yang sudah disediakan di atas kursi. Jika perlu bantulah untuk mengangkat dan menatanya agar tak jatuh.

Meninggalkan sampah secara sembarangan

Mungkin kamu pernah menjumpai penumpang yang masuk ke dalam kereta dengan membawa tentengan penuh dengan makanan, pun membeli sajian yang ditawarkan oleh pramugari kereta. Setelah selesai makan, alih-alih menyimpannya di kresek atau dibuang ke tempat sampah, dia justru meninggalkan sisa di bawah kursi. Alhasil membuat penumpang lain merasa jijik dan risih.

Baung sampah sembarangan (muhdhito.files.wordpress.com)

Petugas kebersihan juga harus bekerja ekstra, padahal sudah ada tempat sampah yang disediakan. Lagi-lagi tak ada cara lain selain mengingatkan dengan sopan. Tegur secara baik-baik, jika perlu berikan plastik untuk tempat sampah.

Itulah beberapa tipe penumpang kereta dan cara menghadapinya. Biar perjalanan mudik nyaman dan menyenangkan.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *