4 Spot Termanis Berburu Sunrise di Jogja

Selain Kebun Buah Mangunan, masih ada tiga lagi yang tak kalah menggoda…

2
SHARES

Bicara soal sunrise dan segala keindahannya di Jogja, biasanya orang akan menyinggung Kebuh Buah Mangunan sebagai pilihan pertama. Namun, bukan Jogja namanya kalau hanya menawarkan satu spot saja.


Masih ada beberapa alternatif lain yang bisa kamu datangi khusus untuk menikmati eloknya Matahari terbit dari ufuk timur. Keberadaan tempat-tempat ini pastinya sangat membantu, mengingat Kebun Buah Mangunan sudah terlalu ramai di waktu-waktu tertentu.

marikitadolan.wordpress.com
marikitadolan.wordpress.com

Jadi bagi kamu yang penasaran ingin berburu sunrise di daerah Jogja namun masih bingung mau kemana, simak ulasan singkat empat spot terbaik menikmati sunrise di Jogja berikut ini, termasuk Kebun Buah Mangunan sebagai perbandingan.

1. Kebun Buah Mangunan

Spot berburu sunrise di Jogja ini terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Berjarak sekitar 15 km dari ibukota Kabupaten Bantul dan 35 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Lokasi ini dibangun oleh Permerintah Kabupaten Bantul pada Tahun 2003 di atas tanah seluas 23,3415 hektar pada ketinggian 150-200 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian seperti itu, Kebun Buah Mangunan memiliki udara sejuk serta megahnya pemandangan pegunungan seribu.

panduanwisata.id
panduanwisata.id

Selain sunrise yang pasti menjadi tujuan utama para pengunjung, Kebun Buah Mangunan masih menawarkan panorama pantai Parangtritis dan kota Bantul dari kejauhan, sungai Oya yang curam, juga populasi monyet yang bertebaran di pepohonan.

2 Jurang Tembelan

Terletak lebih tinggi dari Kebun Buah Mangunan, Jurang Tembelan merayu para pengunjung dengan refleksi kuning fajar pada kabut yang menyerupai awan. Selain itu, sungai Oya yang berkelok tajam masih bisa dinikmati dari sini.

jadagram.com
jadagram.com

Dibangun di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Jurang Tembelan masih tergolong baru. Baru ada dua atau tiga warung yang buka untuk menunjang keperluan kuliner pengunjung. Karena masih sepi, tempat ini adalah alternatif terbaik menikmati sunrise tanpa gangguan riuhnya suasana.

3. Bukit Panguk Kediwung

Dari sini, kamu bisa menikmati cantiknya Kota Budaya yang berada jauh dibawah ketinggian Bantul. Dan sebagai salah satu spot terbaik menikmati terbitnya fajar, objek wisata yang baru dibuka awal 2016 ini menjanjikan pemandangan serupa Kebun Buah Mangunan.

twitter.com
twitter.com

Berjarak 2 kilometer dari Kebun Buah Mangunan, Bukit Panguk Kediwung sekilas juga mirip dengan Punthuk Mongkrong di Magelang dan Bukit Sendaren di Purbalingga. Hamparan kabut yang perlahan turun serta goresan kuning dari Matahari terbit membentuk panorama bak di atas awan.

4. Bukit Mojo

Spot terbaik berburu sunrise yang terakhir ada di Bukit Mojo, Desa Gumelem, Mangunan, Dlingo, Bantul. Baru dibuka beberapa bulan setelah peresmian Bukit Panguk Kediwung, Bukit Mojo juga tak kalah pintarnya menyajikan sunrise dan sungai Oya yang berkelok di bawahnya.

twitter.com
twitter.com

Di area ini disediakan tiga anjungan dari kayu untuk menikmati detik-detik terbitnya Matahari dan ber-selfie ria.

Jadi, kapan kamu mau berburu sunrise di Jogja?

2
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."