4 Sekte Sesat yang Sempat Menghebohkan Indonesia, Salah Satunya Kerajaan Ubur-Ubur

Meski secara logika sesat, namun masih ada saja orang yang dengan mudahnya tertipu sekte-sekte ini

Indonesia mengakui adanya enam agama yang bebas dipilih dan dipeluk oleh warga negara. Dengan demikian, agama atau kepercayaan lain yang sekiranya bertentangan dengan nilai-nilai agama bisa saja dikatakan sesat.

Dalam sejarahnya, ada sejumlah sekte di Indonesia yang dianggap sesat karena melakukan praktik-praktik yang tidak dapat dibenarkan dengan cara apapun. Berikut ini kami rangkum empat sekte sesat yang pernah ada di Indonesia.

1. Kerajaan Ubur-Ubur

Sekte yang satu ini masih hangat menjadi perbincangan beberapa waktu lalu karena pendirinya, Aisyah, mengaku sebagai titisan Nyi Ratu Kidul yang disebut sebagai Ratu Ubur-Ubur. Kelompok ini dianggap sesat karena memadukan ajaran Sunda Wiwitan dengan Islam.

Aisyah sang ratu ubur-ubur (riaubarometer.com)

Tak hanya itu, Aisyah juuga menyebutkan jika Nabi Muhammad adalah seorang perempuan yang tentu saja langsung mengakibatkan polemik di masyarakat. Konon, tujuan Aisyah mendirikan sekte ini adalah untuk mengeruk harta dari para pengikutnya.

2. Kerajaan Tuhan

Lia Eden dan para pengikutnya (komunitaseden.wordpress.com)

Nama Lia Aminuddin alias Lia Eden menjadi terkenal karena membuat dan memimpin sekte ‘Kerajaan Tuhan’ yang memadukan berbagai unsur baik dari segala jenis agama. Ia bahkan mendaku diri sebagai malaikat Jibril sehingga harus berurusan dengan pasal penistaan agama pada tahun 2006. Tak jera, Lia bersama 20 pengikutnya kembali terjerat masalah yang sama di tahun 2008.

3. Pondok Pesantren Nurul Quran

Aksi massa mendemo Ponpes Nurul Quran (kompas.com)

Pondok pesantren ini dicap sesat karena Idris, sang pimpinan pondok pesantren mengaku bisa pergi ke langit ketujuh untuk bertemu langsung dengan malaikat Jibril. Pondok pesantren ini lantas dianggap ingin memanfaatkan pengikutnya untuk mencari untung karena Idris mewajibkan mereka untuk membeli pusaka berupa tasbih seharga Rp1 juta yang disebutnya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

4. Padepokan Syekh Bintang Pratama

Abdul Muhjib si penjual tiket ke surga (merdeka.com)

Bersama dengan lima orang rekannya, Abdul Muhjib mendirikan padepokan ini pada bulan Januari 2015. Yang membuatnya dicap sesat, padepokan ini menjanjikan para pengikutnya bisa masuk surga dengan membayar mahar sebesar Rp2 juta.

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *