Kepepet Butuh Uang? 4 Pekerjaan Ini Bisa Kamu Lakukan Meskipun Tanpa Modal

Cuma modal ketekunan dan kesabaran!

Kesulitan finansial pasti pernah dirasakan semua orang, tak terkecuali kamu. Apalagi jika sedang banyak kebutuhan sementara kamu belum dapat pekerjaan dan tak mau menyusahkan orang tua. Kamu harus memutar otak untuk mendapatkan tambahan uang, tentunya dengan cara yang halal. Jika menunggu mendapatkan pekerjaan tetap membutuhkan waktu yang tak sebentar, sementara membuka usaha kamu tak memiliki modal. Apa yang harus kamu lakukan?

Baca juga : Selain Rencana Liburan, Inilah 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Saat Akhir Tahun

Kepepet butuh uang? (imgix.net)

Tenang saja, masih banyak jalan. Ada beberapa pekerjaan tanpa modal yang bisa kamu coba. Modal disini dalam bentuk uang, kamu tetap butuh modal berupa skill, kemauan, dan kerja keras. Nah berikut ini pekerjaan yang bisa kamu coba ketika sedang kesulitan finansial.

1. Jadi penulis lepas

Semua orang bisa menulis, tapi hanya sedikit yang bisa memanfaatkan tulisan menjadi sumber penghasilan. Pekerjaan ini bisa kamu coba saat butuh uang. Kamu bisa menjadi penulis lepas seperti penulis artikel, biografi, cerpen hingga novel sesuai dengan minatmu. Yang kamu butuhkan hanya kreativitas dan juga ketekunan ekstra agar bisa menghasilkan sebuah karya.

Menjadi penulis lepas (lifehack.org)

Kamu bisa mengirim tulisan ke percetakan maupun media-media yang memang menyediakan kolom khusus untuk penulis lepas. Jangan menyerah jika karyamu belum diterbitkan. Teruslah mencoba sembari melatih keterampilanmu menulis. Percayalah, ketekunanmu akan membuahkan hasil.

2. Membuka les privat

Nah kalau yang ini biasanya diminati oleh pelajar ataupun mahasiswa untuk mengisi waktu luang sekalian nambah uang jajan. Membuka les privat tidak membutuhkan modal uang, kamu hanya harus menguasai materi pelajaran sesuai dengan tingkat pendidikan anak didik yang kamu ampu. Pekerjaan ini bisa dibilang lahan bagi kamu yang baru saja wisuda tapi belum dapat kerja, apalagi jika menyandang gelar cumlaude, bisa jadi nilai lebih.

Buka jasa les privat (lesprivatglobalpintar.com)

Fakta bahwa masih banyak anak-anak yang kurang memahami pelajaran di sekolah, semakin memperlebar kesempatan bagimu emmbuka jasa les privat. Kamu harus pintar-pintar memanfaatkan celah dan memanfaatkan peluang.

3. Bisnis dropship

Perkembangan sosial media yang begitu pesat bisa juga kamu manfaatkan untuk mendapat uang. Salah satu caranya adalah menggunakan sistem dropship dari online shop. Karena tanpa modal, kamu nggak perlu membeli barang terlebih dahulu kemudian menjualnya. Kamu hanya perlu memasang foto produk di akun sosmedmu kemudian memesan ke supplier ketika ada yang beli.

Online shop dropship (Rangkaian Blog – blogger)

Nantinya, barang akan langsung dikirimkan oleh supplier ke pembeli dengan penjualan atas nama kamu. Kamu hanya perlu tekun mempromosikan barang-barang dari supplier. Keuntungan dari sistem dropship ini kamu bisa mengambil keuntungan sesuka hati, tapi tetap dalam batas wajar ya.

4. Membuka jasa penitipan

Biasanya saat libur panjang seperti libur lebaran, jasa penitipan hewan sangat dicari dan dibutuhkan. Biasanya untuk hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Nah kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk meraup keuntungan, apalagi kalau kamu pecinta binatang. Nggak harus sewa tempat, kamu bisa memanfaatkan rumah sebagai tempat penitipan.

Membuka jasa penitipan (duitpintar.com)

Tapi, kamu harus belajar banyak bagaimana cara merawat hewan peliharaan agar tak mengecewakan pelanggan. Biasanya jasa penitipan ini biayanya dihitung per hari. Semakin lama pelanggan menitipkan hewannya, semakin banyak kamu bisa mendapat pundi-pundi rupiah.

Nah itulah beberapa pekerjaan yang bisa kamu lakukan ketika kepepet butuh uang. Pekerjaan ini tanpa modal uang, tapi tentu membutuhkan modal lain seperti skill, kemauan, kerja keras dan lainnya. Jadi, sudah tentukan pekerjaan mana yang akan kamu jalani? Atau mungkin kamu punya opsi pekerjaan lainnya? Yuk share di kolom komentar.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

“You can if you think you can”

4 Hal yang Bikin Ramadhan Tetap Istimewa, Bahkan untuk Kamu yang Bolong-Bolong Puasanya

Berkat Fatwa Media Sosial dari MUI, Kita Sudah Boleh Menyebut Lambe Turah Sebagai Akun Haram