4 Kuliner Berharga Mahal Ini Berasal dari Kotoran Hewan, Berani Coba?

Meski dipandang menjijikkan, nyatanya kuliner-kuliner ini memiliki rasa yang lezat dan berkhasiat tinggi

Bicara soal kuliner berharga mahal, biasanya ada faktor-faktor tertentu yang membuat harga sebuah makanan bisa jadi sedemikian mahalnya. Mulai dari tingkat kesulitan yang diperlukan untuk menghasilkan bahan makanan tersebut, hingga tingginya tingkat keahlian yang diperlukan oleh seseorang untuk mengolahnya.

Tapi di luar faktor-faktor tersebut, ternyata ada juga loh sejumlah kuliner yang ternyata justru diproduksi dari kotoran hewan dan mampu dijual dengan harga mahal. Kamu boleh saja merasa jijik dan jorok saat membayangkannya, namun kenyataannya kuliner-kuliner berikut ini memang sedap disantap!

1. Kopi luwak

Kopi luwak jelas tidak bakal absen dari daftar kuliner yang berasal dari kotoran hewan. Minuman asli Indonesia ini berasal dari kotoran hewan luwak yang memakan buah kopi pilihan, karena luwak dikenal hanya mau mengonsumsi buah kopi yang sudah matang saja.

Seperti inilah penampakan kopi luwak yang belum diolah menjadi kopi (videoblocks.com)

Dalam proses mencerna buah kopi tersebut, ada biji-biji kopi yang tidak dicerna sempurna dan diyakini mengalami proses fermentasi di dalam usus luwak sehingga rasa biji kopi tersebut akan lebih enak saat diolah menjadi kopi. Karena prosesnya yang alami tersebut, harga kopi luwak pun bisa mencapai jutaan Rupiah per kilogram.

2. Kopi Black Ivory

Masih seputar kopi, Thailand ternyata punya kopi khasnya sendiri yang juga berasal dari kotoran hewan. Kopi bernama Black Ivory ini berasal dari biji kopi yang dikeluarkan oleh saluran sekresi gajah Thailand. Berkat enzim di dalam usus gajah tersebut, protein yang ada di kopi pun jadi tercerna sehingga kopi Black Ivory memiliki rasa yang tidak terlalu pahit.

Proses pengumpulan biji kopi dari kotoran gajah (tribunnews.com)

Harga kopi Black Ivory pun konon lebih mahal dari kopi luwak karena bisa mencapai USD1,1 juta per kilogram, atau setara dengan Rp15 miliar. Bahkan, untuk menikmati secangkir kopi ini saja kita harus merogoh kocek sebesar USD50 atau sekitar Rp700 ribu. Wow!

3. Durian gajah

Gajah ternyata ‘berbakat’ memproduksi kuliner-kuliner berharga mahal. Selain kopi Black Ivory, gajah juga bisa menghasilkan durian yang manis dan lezat loh! Konon, durian gajah ini muncul karena gajah tak sengaja memakan durian yang jatuh dan terbungkus oleh daun dan rerumputan. Durian itu kemudian diolah di dalam tubuh gajah selama empat jam dan kemudian dikeluarkan melalui saluran ekskresinya.

Durian yang berasal dari kotoran gajah rasanya manis dan lezat (poobritney.com)

Meski terkesan menjijikkan, namun durian ini layak makan. Kerasnya kulit durian membuat usus gajah tidak mampu mencerna habis durian yang dimakannya sehingga durian yang keluar dari anus gajah aman dan tidak tercemar bakteri. Bahkan aroma durian ini disebut seperti teh berserat rumput. Durian in dijual seharga Rp3 juta per buahnya. Tertarik mencoba?

4. Teh hijau kotoran panda

Selain kopi, ternyata ada juga minuman lain yang terbuat dari kotoran hewan, yakni teh hijau kotoran panda. Teh ini dibuat oleh seorang dosen di Universitas Sinchuan, China, bernama An Yashi. Ia mencampurkan teh hijau yang sudah dikenal berkhasiat, dengan kotoran panda.

An Yashi saat meracik teh kotoran panda (visiontimes.com)

Jangan keburu jijik, karena teh hasil campuran tersebut ternyata memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, serta kaya akan vitamin dan mineral yang berasal dari bambu yang dimakan panda. Menurut penelitian, bambu mengandung unsur pencegah kanker dan mampu meningkatkan khasiat anti kanker yang ada pada teh hijau. Teh termahal di dunia ini dijual seharga 440 ribu Yuan atau setara dengan Rp927 juta.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *