4 Kegiatan Ini Jauh Lebih Menyenangkan Dilakukan Saat Puasa

…pengen tidur~

Di bulan Ramadhan, banyak kebiasaan di hari biasa yang berubah hingga butuh penyesuaian. Tak hanya kebiasaan makan siang, jam tidur pun banyak mengalami perubahan. Berubahnya semua kebiasaan apalagi dalam kondisi puasa, seringkali membuat malas melakukan apapun. Rasa lelah, lemas hingga lapar seringkali menghinggapi diri. Yang tadinya sering olahraga, saat Ramadhan jadi malas dan tak pernah dilakukan. Yang semula nggak suka tidur siang, saat puasa justru pinginnya tidur terus-terusan.

Iya, bulan Ramadhan memang sedikit mengubah pola dan gaya hidup termasuk segala kegiatan. Nah berikut ini ada kegiatan-kegiatan yang justru jauh lebih asyik jika dilakukan saat bulan puasa. Padahal kalau dilakukan hari biasa rasanya membosankan!

1. Jalan-jalan sore

Di hari biasa, sebagian masyarakat lebih memilih menghabiskan waktu di rumah saat sore hari. Ada yang mager, ada pula yang memang tak menyukai kegiatan satu ini. Tapi saat bulan puasa, sore hari justru jadi saat yang tepat untuk keluar rumah dan jalan-jalan.

Jalan-jalan sambil berburu takjil (ngadem.com)

Sembari menunggu waktu buka puasa, nongkrong dan sekedar bercengkrama menjadi kegiatan menyenangkan. Apalagi banyak penjual takjil yang berjejer disepanjang jalan yang membuat jalan-jalan semakin mengasikkan. Kalau hari biasa disebut jalan-jalan, saat puasa kegiatan ini lebih dikenal dengan ngabuburit.

2. Begadang semalaman

Jika bukan karena tugas atau kerjaan, begadang pasti enggan dilakukan. Tapi saat bulan puasa, begadang menjadi salah satu kegiatan yang difavoritkan meskipun tak ada tugas maupun pekerjaan mendesak. Apalagi begadang bersama teman-teman sambil menunggu waktu sahur.

Begadang hingga sahur bersama (cilisos.my)

Membantu membangunkan warga atau berkeliling ikutan sahur on the road menjadi kegiatan yang paling ditunggu-tunggu. Kadang saking asiknya, begadang ini bisa berlanjut hingga subuh bahkan hingga pagi hari.

3. Sholat berjamaah

Baik itu Ramadhan atau bukan, shoat berjamaah memang lebih dianjurkan daripada sholat sendirian di rumah. Tapi nyatanya, banyak yang malas pergi ke masjid saat hari biasa. Tapi saat Ramadhan tiba, masjid mulai dipenuhi jamaah dari berbagai kalangan usia. Bukan cuma nambah pahala, sholat di masjid saat bulan puasa juga bisa jadi sarana silaturahmi dengan teman sepermainan.

Sholat jemaah dan terawih (youtube.com)

Apalagi saat waktu sholat Isya tiba. Jamaah yang datang bisa dua kali lipat lebih banyak daripada saat sholat Maghrib. Wajar saja, mengingat setelah sholat Isya langsung disambung sholat tarawih. Menyenagkan dan penuh dengan pahala.

4. Tidur siang

Rasa lapar, lelah, letih, lesu hingga malas memang sering dirasakan saat kamu berpuasa. Ditambah rasa kantuk yang luar biasa karena jam istirahat yang terpotong untuk ibadah. Inilah yang kemudian membuat tidur siang menjadi sangat menyenangkan. Apalagi di bulan suci tidur dihitung sebagai ibadah.

Tidur siang (anekatop10.com)

Iya, tidur siang akan membuat kamu mendapatkan pahala daripada bergosip atau melakukan aktivitas yang sia-sia belaka. Apalagi saat siang hari, rasa ngantuk seakan berada di puncaknya. Sangat menyenangkan bisa tidur siang pas bangun sudah buka puasa~

Itulah 4 kegiatan yang kadar keasikkannya meningkat drastis selama bulan puasa. Kamu paling suka kegiatan yang mana?

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Chelsea Islan dikabarkan Berpacaran Dengan Bastian Steel, “FPI” Bikin Aksi Bela Islan

Akuilah, Terkadang Bullying Merupakan Aktivitas yang Menyenangkan