Cinta Bukan Luka, Putusin Aja Pacar Kamu Kalau Dia Melakukan 4 Jenis Kekerasan Ini

Bahkan jika ia suda kelewat batas, sebaiknya kamu melaporkannya pada pihak berwajib

Saat dua insan manusia sepakat untuk berkomitmen dalam sebuah hubungan, maka cinta dan kasih sayang adalah dua hal yang seharusnya mampu menjadi pondasi dari jalinan kisah asmara keduanya kelak. Oleh karena itu, tindak kekerasan yang kita jumpai pada sebuah hubungan tentu tidak bisa ditolerir lagi karena telah mencederai komitmen yang dijalin bersama.

Sayangnya, masih banyak yang belum memahami apa saja tindakan yang masuk kategori kekerasan, sehingga memilih untuk memaafkan pasangannya begitu saja tanpa menyadari bahwa hal ini bisa terjadi lagi berulang kali di masa depan. Jadi bagi kalian yang mengalami salah satu atau lebih dari empat jenis kekerasan berikut ini, sebaiknya kamu segera mengakhiri hubungan yang tak sehat itu.

1. Kekerasan fisik

28 juta perempuan di Indonesia alami kekerasan fisik. (suaramerdeka.com)

Sesuai namanya, kekerasan fisik meliputi tindakan seperti menampar, memukul, mendorong, mencekik, menendang, melempar benda, menonjok, mengancam dengan benda tajam, atau bahkan mengabaikan kebutuhan akan kesehatan saat kamu sakit atau terluka.

2. Kekerasan seksual

Memaksa pasangan untuk berhubungan seksual termasuk tindak kekerasan. (brilio.net)

Jika berhubungan seksual sebelum menikah saja sudah salah, maka pemaksaan untuk melakukannya lebih salah lagi. Begitu pula jika pasangan memaksa untuk melakukan hal yang berbau seksual, termasuk berfoto seksi untuk kepuasan pribadi atau melakukan pelecehan seksual.

3. Kekerasan psikis

Saat pasangan terlalu mengekangmu, maka tindakannya termasuk kategori kekerasan psikis. (wartapilihan.com)

Saat pasangan melakukan tindakan seperti memberi panggilan yang memalukan, membentak, mengejek, membuat aturan-aturan mengekang, atau menempatkan kita pada rasa takut dengan tatapan maupun gesturnya, maka ini sudah masuk kategori kekerasan psikis. Begitu juga jika pasanganmu selalu mengontrol apapun yang kamu lakukan, mulai dari memonitor ponsel, media sosial, hingga dengan siapa kamu boleh bertemu.

4. Kekerasan ekonomi

Ada privasi yang dilanggar saat pasangan memantau segala macam aktivitas sosial kita di ponsel (uzone.id)

Jika aksesmu terhadap uang milik pribadi baik tunai maupun ATM dibatasi, termasuk dengan melarang bekerja, banyak campur tangan dalam menentukan pilihan bekerja, atau memaksa untuk selalu membelikan apa yang pasangan inginkan, maka ini juga sudah termasuk dalam jenis kekerasan.

Setelah memahami empat poin diatas dan kamu meyakini telah mengalami salah satu atau lebih darinya, ada baiknya untuk segera berpikir ulang mengenai kelanjutan hubunganmu. Bahkan jika sudah sampai pada taraf yang membahayakan, tidak ada salahnya untuk melaporkan pasangan pada pihak berwajib.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *