4 Hal yang Hanya Dirasakan oleh Seorang Guru

Ternyata, menjadi guru itu berbeda dari apa yang selama ini kita bayangkan

Hari Minggu atau libur panjang adalah surga bagi anak sekolahan. Seharusnya ini juga berlaku bagi para guru, namun ternyata tidak. Bagi mereka yang menjalani kehidupan akademis, santai dan menikmati liburan seperti tidak pernah mereka dapatkan.

Ya, menjadi guru itu ternyata berbeda dari apa yang selama ini kita bayangkan. Berikut adalah 4 hal yang hanya bisa dimengerti oleh kamu yang berprofesi sebagai seorang guru.

jawapos.com
jawapos.com

1. Kamu tahu bagaimana rasanya bekerja dari waktu ke waktu

Bagimu, mengajar bukanlah pekerjaan, melainkan sebuah panggilan hati. Sementara teknologi sudah semakin mengaburkan batas antara pribadi dan profesional, dunia pendidikan masih tetap sama. Kamu menghabiskan sebagian besar waktu di dalam kelas. Namun ketika bel pulang berbunyi, kamu sadar pekerjaanmu belum selesai. Kamu punya setumpuk kertas ulangan siswa yang harus diperiksa, merencanakan pelajaran, dan beberapa rapat di luar jam kerja.

fakhrurrojihasan.wordpress.com
fakhrurrojihasan.wordpress.com

2. Kamu harus mendisiplinkan anak orang lain

Orang lain bisa saja mengeluarkan guru dari dalam kelas, namun mereka tidak bisa menggantikan peran guru di dalam kelas. Selain menanamkan kebijaksanaan, kamu juga digaji untuk mendisiplinkan anak orang lain yang mungkin nakalnya keterlaluan. Kamu mungkin harus menggigit bibirmu sendiri karena terlalu sering melihat anak didikmu berkeliaran di mall dan pinggir jalan seperti preman.

photobucket.com
photobucket.com

3. Kamu terobsesi dengan kutipan inspirasional

Quote atau kutipan inspirasional adalah potongan kecil dari kebijaksanaan yang mudah diingat. Sebagai seorang guru, kamu tahu bahwa kunci keberhasilan adalah perbedaan antara energi potensial dan kinetik.

aktivasiotakkanan.net
aktivasiotakkanan.net

Seorang siswa bisa depresi dan mendapat nilai terendah di kelas jika dia tidak termotivasi. Jadi kamu selalu ingin memastikan hal seperti itu tidak akan terjadi dengan secara terus menerus memotivasi para siswa dengan kutipan-kutipan inspirasional yang mudah diingat.

4. Kamu menyukai film-film tentang guru

Mungkin film seperti Mr. Holland’s Opus adalah favoritmu karena mampu menggambarkan apa arti mendedikasikan hidup untuk menunjukkan pada orang lain bagaimana ilmu pengetahuan bisa memperkaya pikiran dan kehidupan.

apilgriminnarnia.wordpress.com
apilgriminnarnia.wordpress.com

Film-film yang menekankan pentingnya seni, sastra, dan musik di kelas pasti mendapat dua jempol darimu. Ya, kadang mengajar adalah pekerjaan tanpa pamrih, dan kamu pasti sangat menghargai setiap kali ada yang bercerita tentang profesimu dengan cara yang mengesankan.

 

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

5 Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Kamu Kunjungi saat Liburan Tahun Baru

5 Cara Mudah Dapatkan Beasiswa Untuk Kamu yang Tak Mau Terus-terusan Membebani Orang Tua