4 Cara Mudah Menghemat Uang Makan, Biar Nggak Bokek di Akhir Bulan

Yuk belajar berhemat demi akhir bulan yang sehat~

Makan menjadi salah satu kebutuhan primer manusia. Karena makanan menjadi sumber energi utama, jika tidak makan, manusia tidak akan bisa menjalankan aktivitas dengan baik. Oleh karena itu jangan heran jika anggaran yang dikeluarkan untuk kebutuhan makan terkadang sangat banyak, bahkan hanya untuk sekali makan.

Menghemat kebutuhan makan (budgetbuysmart.com)

Terbiasa mengeluarkan budget berlebih hanya untuk makan, nantinya hanya akan menyusahkanmu di akhir bulan. Untuk itu kamu harus mulai siasat agar bisa lebih berhemat. Beberapa tips berikut ini akan membantumu mengatur pengeluaran dan mengarahkan pada menu makan yang lebih baik daripada jajan di luar.

Coba untuk masak sendiri

Selama ini kamu pasti beranggapan bahwa jajan bisa lebih mudah, murah dan juga simpel. Tapi jika dihitung-hitung secara teliti, kebiasaan jajan atau makan di luar justru bisa menghamburkan banyak uang. Lebih baik coba masak sendiri makananmu.

Coba untuk masak sendiri (fthmb.tqn.com)

Nggak bisa masak? Ya belajar dong. Sekarang sudah banyak menu dan resep makanan yang tersedia di internet maupun sosial media. Bahkan ada tahapan dan cara membuat makanan yang paling sederhana sekalipun. Tidak ada orang yang nggak bisa masak, selama mau mencoba dan belajar.

Toh dengan masak sendiri kamu bisa mendapat tantangan dan kesenangan. Lebih dari itu makananmu juga jadi lebih sehat karena kamu sendiri yang mengolahnya.

Buat rencana menu dan anggaran belanja

Saat awal bulan setelah gajian, coba deh luangkan waktu untuk merancang menu dan anggaran makan selama sebulan. Buat daftar belanjaan dan utamakan kebutuhan pokok seperti beras, minyak, bumbu dapur, dan lain-lain. Lalu tambahkan kebutuhan lain yang sekiranya akan kamu olah selama satu minggu atau satu bulan ke depan.

Buat rencana menu dan anggaran belanja (pinimg.com)

Menyusun rencana menu akan membuat kamu lebih kreatif menyusun menu agar tidak membosankan dan tetap menyenangkan ketika memasak. Sementara adanya daftar dan anggaran belanja akan membuat kamu lebih fokus dan meminimalisir keinginan untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Belanja di pasar tradisional

Memang sih, belanja di pasar swalayan atau pasar modern akan lebih memudahkan kamu dalam memilih produk. Namun harga yang ditawarkan tentunya jauh lebih mahal daripada pasar tradisional, yang bahkan bisa kamu tawar. Jika kamu ingin berhemat, lebih baik tinggalkan dulu pasar modern dan beralih ke pasar tradisional.

Belanja di pasar tradisional (homeiswhereyourbagis.com)

Harga di pasar tradisional bisa dibilang jauh lebih murah dan terjangkau. Bahkan pedagang juga tidak segan memberi potongan harga jika belanja dalam jumlah banyak.

Gunakan teknik pembekuan

Ada beberapa teknik mengolah bahan makanan agar bisa lebih tahan lama, salah satunya dengan pembekuan. Simpan saja daging, ayam, ikan atau bahan lainnya dalam satu porsi masak ke dalam freezer.

Gunakan teknik pembekuan (seriouseats.com)

Keuntungan lain teknik ini, kamu bisa dengan mudah mengetahui stok bahan yang ada. Sehingga semua bahan tidak terbuang dan dapat diolah seperti perencanaan menu sebelumnya.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menghemat uang makan. Satu lagi, usahakan masak dengan porsi secukupnya dan jangan berlebihan. Karena terkadang memasak dalam porsi yang tidak terkontrol juga bisa jadi sumber pemborosan.

Selamat mencoba!

Tulis Komentarmu

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Sebuah Penelitian Membuktikan Jika Bergosip Bisa Mengakibatkan Dampak Buruk Bagi Kesehatan Mental

Inilah Rahasianya Kenapa Guru Menggunakan Tanda Ini Saat Jawaban Kita Benar