Meski Nikmat, Ini Lho 4 Bahaya yang Mengancam Kamu yang Hobi Ngupil

Nyarinya susah, begitu dapet langsung dibuang~

Ngupil, siapa sih yang nggak pernah melakukan kegiatan satu ini? Membersihkan lubang hidung dengan jari tangan guna mencari “harta karun” yang ada. Pada dasarnya sih kegiatan satu ini tidak berbahaya bagi kesehatan dan dilakukan oleh banyak orang. Hanya saja akan mempunyai dampak negatif bagi kesehatan jika terlalu sering dilakukan.

Mungkin awalnya tujuan dari ngupil ini memang membersihkan lubang hidung dari debu dan kotoran yang ikut terhirup ketika bernapas. Tapi ada juga orang-orang yang ngupil karena sudah menjadi kebiasaan dan sudah merasa nyaman dengan kegiatan tersebut. Namun ternyata keseringan ngupil justru berbahaya bagi kesehatan, dan berikut ini adalah dampak yang bisa ditimbulkan.

Beritagar

1. Infeksi lubang hidung

Salah satu dampak yang paling mungkin karena terlalu sering ngupil adalah munculnya infeksi pada lubang hidung. Sebagian besar orang menggunakan jari tangan ketika mengupil tanpa memperhatikan kebersihannya. Ketika jari yang penuh bakteri dimasukkan ke lubang hidung, bakteri akan berpindah ke bagian dalam hidung. Hal ini bisa memicu infeksi vestibulus, infeksi bagian atas hidung yang sangat sensitif.

Tak hanya itu saja, bakteri yang dibawa masuk oleh jari juga bisa menginfeksi bagian rambut folikel hidung. Rambut ini berfungsi menyaring kotoran yang terhirup bersama udara. Jika terganggu, hidung tidak bisa menyaring kotoran dengan baik.

usnews.com

2. Menimbulkan bisul hidung

Bakteri yang masuk ke dalam hidung ketika kamu sedang ngupil, tak hanya akan menyebabkan infeksi. Diketahui bahwa bakteri yang banyak ditemukan ketika seseorang sedang mengupil adalah bakteri Staphylococcus Aureus yang bisa menyebabkan jerawat atau bisul di dalam lubang hidung. Ketika jerawat atau bisul ini terbentuk dalam lubang hidung, sistem pernapasan akan terganggu.

Yang paling mengerikan, infeksi ataupun jerawat yang terjadi di dalam hidung juga bisa mengganggu fungsi otak. Di dalam hidung terdapat pembuluh darah yang berkaitan dengan pembuluh darah di otak. Kalau infeksinya parah, bukan tidak mungkin fungsi otak juga akan terganggu.

spiritriau.com

3. Bisa mimisan

Kalau resiko yang satu ini biasanya sering dialami oleh anak-anak. Mimisan atau keluarnya darah melalui hidung bisa disebabkan karena kebiasaan ngupil yang nggak hati-hati. Saat mengupil, kuku jari bisa saja melukai bagian dalam hidung yang kemudian menyebabkan luka dan juga pendarahan. Kondisi ini juga yang bisa memperbesar peluang terjadinya infeksi di dalam lubang hidung.

hellosehat.com

4. Perforasi septum

Perforasi septum merupakan kondisi ketika sekat antara lubang hidung sebelah kanan dan lubang sebelah kiri terbuka atau karena luka. Perforasi septum ini bisa terjadi karena kebiasaan mengupil yang terlalu sering dilakukan. Dalam kasus yang parah, kondisi ini akan menimbulkan mimisan ataupun harus melakukan operasi untuk menyembuhkannya.

penyakitsinusitis.com

Mungkin bagi sebagian orang kebiasaan ngupil adalah hal jorok yang tak boleh dilakukan di depan umum Tapi banyak juga yang berpendapat bahwa mengupil adalah kebiasaan menyenangkan yang bisa bikin hidung lega. Tapi tak banyak yang sadar setelah mengupil tidak mencuci tangan dan langsung melakukan aktivitas lainnya. Padahal dalam rongga hidung terdapat banyak sekali bakteri dan kuman penyebab infeksi.

Oleh karena itu, tak ada salahnya jika mulai sekarang kamu mengontrol kebiasaanmu satu ini. Jangan terlalu sering ngupil deh, apalagi di depan pacar. Hih.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *