Ini Lho 4 Bahaya Gosip yang Sering Disepelekan, Jangan Dengarkan Mulai Sekarang!

Masih mau ikut-ikutan sebar gosip? Pikir lagi deh!

Hampir setiap hari, kita mendengar banyak gosip-gosip yang dibicarakan orang-orang. Entah di media sosial hingga di lingkup pertemanan pun terkadang tak bisa lepas dari aktivitas gosip. Misalnya saja ketika berkumpul bersama teman-teman, lalu tanpa sadar malah membicarakan keburukan orang lain. Kamu pasti pernah melakukannya juga kan?

Gosip (lexxinthecity.wordpress.com)

Terkadang, bergosip memang terasa menyenangkan. Segala macam topik yang menyangkut kehidupan orang lain selalu mampu ‘menyatukan’. Namun jika diingat lagi, gosip sangat dilarang dalam agama karena bisa menghilangkan kebaikan yang pernah kita buat. Selain itu gosip juga memiliki dampak buruk untuk diri sendiri dan juga lingkungan sosial. Apa saja sih bahaya bergosip?

Menimbulkan rasa benci yang tak beralasan

Gosip bisa diciptakan oleh mereka yang memiliki rasa iri atau tidak suka kepada orang lain. Perasaan tidak suka tersebut bisa saja ditularkan melalui gosip-gosip tanpa bukti dan kebenaran. Hasilnya? Orang lain bisa ikut membenci orang yang digosipkan tanpa ada alasan. Iya, kamu bisa saja ikut-ikutan benci sama orang yang dibenci temanmu yang suka gosip itu!

Menimbulkan rasa benci yang tak beralasan (inovasee.com)

Padahal selama ini kamu tidak terlalu mengenal orang itu, pun dekat juga tidak. Bagaimana bisa kamu ikut membencinya? Inilah bahayanya gosip, bisa memunculkan bias perasaan terhadap orang lain. Padahal, kamu tak pernah tahu dengan siapa akan berurusan atau bekerja sama di masa depan.

Memunculkan kecemasan

Memunculkan kecemasan (cloudfront.net)

Yang tak banyak diketahui, gosip bukan hanya tentang keburukan seseorang. Namun termasuk semua berita, kabar, informasi yang masih simpang siur dan belum tentu kebenarannya. Sebut saja gosip itu seperti hoax ringan yang sering menyebar lewat broadcast Whatsapp. Efeknya bisa menimbulkan rasa cemas, khawatir, waspada, panik, hingga ketakutan pada sesuatu yang belum jelas kebenarannya.

Waktumu sia-sia

Ketika berkumpul dengan teman-teman, ngobrol kesana-kemari, hingga tanpa sadar membicarakan orang lain memang rasanya menyenangkan. Bahkan sampai bikin lupa waktu. Namun sesungguhnya, waktu tersebut berlalu dengan sia-sia, terbuang dengan percuma karena tak ada manfaat yang didapatkan dari kegiatan bergosip.

Waktumu sia-sia (huffpost.com)

Jika obrolan tersebut diarahkan ke hal-hal penting dalam hidup seperti cita-cita, mimpi, hingga pandangan masa depan, mungkin waktu akan lebih bermanfaat. Bukan tidak mungkin kan, dari pembicaraan tersebut kamu dan teman-teman bisa menghasilkan karya bersama dalam satu misi?

Merusak nama baik

Merusak nama baik (inovasee.com)

Gosip selalu disebarkan oleh orang yang iri dengan tujuan untuk mempengaruhi orang lain untuk membenci seseorang. Jika kamu saja bisa termakan gosip sehingga benci dengan si A, bisa jadi begitu juga dengan semua orang yang dengar maupun tau berita itu. Bisa-bisa si A dibenci banyak orang sehingga sulit mendapat kepercayaan, kalau sudah begitu siapa yang akan bertanggung jawab? Merusak nama baiknya saja sudah cukup ampuh untuk menghancurkan sebagian hidupnya.

Nah itulah beberapa bahaya gosip yang harus kamu ketahui. Mulai sekarang tak perlu dengarkan atau ikut menyebarkan berita atau apapun yang belum tentu kebenarannya. Konfirmasi dulu jika mendapat informasi, jadilah manusia cerdas yang tak mudah termakan oleh hoax dan sebagainya!

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *