4 Aturan Dasar Dalam Hubungan Cinta yang Tak Seharusnya Kamu Langgar

Rumit? Memang.

Jika dibahas satu persatu, masalah percintaan seakan tak ada habisnya. Tapi inilah yang membuat cinta itu unik dan penuh tantangan. Sebuah hubungan tanpa adanya masalah justru akan terasa hambar dan juga membosankan.

Baca juga : Tak Semua Pasangan Bisa Merasakan Indahnya Kisah Cinta Ala Dongeng

Aturan dasar dalam hubungan cinta (pinimg.com)

Meskipun begitu, bukan berarti kamu boleh mencari masalah. Justru kamu harus berusaha menghindarkan hubungan dari berbagai masalah. Bagaimana caranya? Ikuti dan pahami 4 aturan dasar yang tak boleh kamu langgar berikut ini.

1. Kamu tak akan bisa memaksa seseorang untuk mencintaimu

Pahamilah, setiap orang tidak memiliki kewajiban untuk membalas cinta orang lain yang diberikan kepadanya. Misalnya saja kamu tak akan bisa mencintai orang yang tidak kamu sukai, meskipun orang tersebut sangat mencintaimu. Sebaliknya, kamu tak akan bisa memaksa seseorang untuk mencintaimu meskipun kamu setengah mati jatuh cinta padanya.

Kamu tak akan bisa memaksa seseorang untuk mencintaimu (thoughtcatalog.files.wordpress.com)

Kamu hanya perlu memperlakukan mereka yang mencintaimu dengan hormat dan menghargai perasaan mereka. Jika memang kamu ingin memenangkan cinta seseorang, kamu harus memperbaiki diri dan jadilah lebih baik dari sebelumnya. Hingga orang yang kamu cintai menganggapmu layak menerima cintanya.

2. Ketika kamu dicintai, kamu bisa merasakannya

Setiap orang memang harus bersikap baik kepada orang lain. Namun kebaikan ini berupa cinta atau hanya kebaikan biasa, kamu pasti bisa merasakannya. Seseorang yang rela menghabiskan banyak waktunya untukmu, menghormati kamu, peduli pada perasaanmu, dan mengerti tentang dirimu itulah cinta.

Ketika kamu dicintai, kamu bisa merasakannya (parismatch.ladmedia.fr)

Dan jika kamu tak mendapatkannya dari pasangan, coba tanyakan tentang perasaannya padamu. Lihat kembali hubungan kalian. Jangan memaksakan hubungan jika memang kamu tak lagi merasakan cintanya kepadamu.

3. Kamu harus bisa mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain

Mencintai diri sendiri bukanlah bentuk dari keegoisan diri. Kamu hanya perlu menghormati dan menjaga perasaan diri sendiri. Jangan pernah membohongi diri hanya untuk kesenangan sementara atau tetap bertahan dengan orang yang tak lagi mencintaimu. Mencintai diri sendiri memungkinkan kamu untuk terhindar dari berbagai macam situasi sulit.

Kamu harus bisa mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain (vanschneider.com)

Jika kamu sudah bisa mencintai diri sendiri, kamu bisa memperlakukan orang lain dengan rasa cinta dan juga hormat. Kamu juga tak akan membuat pasangan melakukan sesuatu yang bertentangan dengan keinginannya. Dan yang paling penting, kamu bisa menghargai pasangan seperti kamu menghargai dirimu sendiri.

4. Jangan menahan seseorang untuk mencintaimu

Ada yang bilang cinta adalah perasaan sementara yang tak bisa bertahan selamanya. Memang ini sangat kejam kedengarannya. Tapi memang, kamu tak bisa menahan dan memaksa seseorang untuk terus-menerus mencintaimu. Meskipun kamu sudah memberikan segalanya, itu bukan jaminan pasanganmu akan mencintaimu selamanya.

Jangan menahan seseorang untuk mencintaimu (psychologies.co.uk)

Memang dalam beberapa kasus ada pasangan yang saling cinta hingga maut memisahkan. Namun tak sedikit juga yang cintanya hilang beberapa tahun setelah menjalin hubungan. Kalau sudah seperti ini lebih baik lepaskan dan jangan memaksa. Tapi masalah ini akan berbeda jika kamu dan pasangan sudah terikat dalam pernikahan.

Hubungan cinta memang sangat rumit. Tapi kalau kamu paham dan tau bagaimana cara menghadapi masalah, kebahagiaan di depan mata!

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Plis Deh.. Jangan Sok Koar-Koar Ganyang Korupsi Kalau Kamu Masih Ngelakuin 3 Hal Ini

Malaysia Kembali berulah, Tim Sepak Takraw Putri Indonesia Pilih Walk Out Karena Berulang Kali Dicurangi Wasit