Inilah 4 Alasan Kenapa Ibu Kota Indonesia Memang Harus Segera Pindah ke Kalimantan

Biar Jakarta nggak makin sumpek!

379
SHARES

Wacana pemindahan ibu kota negara Republik Indonesia kembali mengemuka setelah beberapa kali sempat santer terdengar. Kali ini, pernyataan terbaru datang dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro yang telah memastikan kajian rencana pemindahan ibu kota selesai tahun ini.


Menurut Bambang, besar kemungkinan ibu kota akan dipindahkan ke wilayah di pulau Kalimantan. Meski Bambang tidak merinci kota mana yang akan dipilih, namun banyak yang meyakini bahwa Palangkaraya (Kalimantan Tengah) yang akan menjadi pilihan. Apalagi, Presiden pertama Indonesia, Bung Karno, pernah mengemukakan keinginan untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya.

Lantas, apa saja yang membuat Palangkaraya maupun daerah lain di Kalimantan layak dipertimbangkan sebagai lokasi ibu kota negara?

1. Jakarta sudah terlalu sumpek!

Seperti kita ketahui, status Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan bisnis membuatnya jadi kota terpadat di Indonesia. Nggak heran kalau permasalahan di kota ini sedemikian kompleks. Mulai dari kemacetan, kesenjangan sosial, dan kriminalitas yang kian tinggi.

Jakarta sudah kelewat sumpek sebagai ibu kota – konsumenreview.com

Dengan memindahkan ibu kota ke Kalimantan, maka setidaknya Indonesia bisa meniru Amerika Serikat yang memusatkan roda pemerintahan di Washington DC dan kota bisnis di New York. Jika Jakarta fokus sebagai kota bisnis, maka iklimnya akan lebih menguntungkan karena tidak terganggu dengan tensi politik yang sering diwarnai demo dan sebagainya. Sedangkan untuk daerah calon ibu kota baru, tentunya juga diuntungkan karena perekonomian di daerah tersebut akan lebih tumbuh dari sebelumnya.

2. Kalimantan tidak rawan gempa

Salah satu faktor lain yang turut menjadi pertimbangan pemerintah memilih Kalimantan sebagai calon lokasi ibu kota negara yang baru dikarenakan Kalimantan terbilang daerah yang tidak rawan gempa maupun letusan gunung berapi.

Meski Indonesia masuk dalam jalur ringb of fire, namun Kalimantan tergolong tidak rawan gempa maupun letusan gunung berapi – wikimedia.org

Faktor ini tentunya cukup penting, karena lokasi ibu kota negara diharapkan berada pada lokasi yang stabil sehingga tidak lumpuh karena terjadi suatu bencana. Kalian pasti ingat kan, bagaimana banjir pernah ‘menyerang’ istana negara beberapa waktu lalu? Dengan memilih lokasi yang lebih stabil dan jauh dari potensi bencana alam, kemungkinan ibu kota lumpuh jadi bisa diminimalisir.

3. Punya potensi untuk dikembangkan

Palangkaraya memang menjadi salah satu kandidat kuat calon ibu kota negara Indonesia. Alasannya, kota ini masih punya potensi yang bisa dikembangkan dalam hal penataan kota. Ini tentu berbeda dengan Balikpapan atau Makassar yang sudah sulit untuk dikembangkan lagi.

Palangkaraya masih punya potensi untuk terus dikembangkan jika terpilih sebagai ibu kota Indonesia – matamatapolitik.com

pemindahan ibu kota juga akan menunjukkan konsistensi pemerintah yang sudah sejak lama menekankan perlunya dekonsentrasi pembangunan di luar pulau Jawa. Intinya, diharapkan dengan pemindahan ibu kota ke Kalimantan, maka pembangunan tidak lagi akan terpusat di pulau Jawa dan lebih efektif untuk merealisasikan program percepatan pembangunan kawasan Timur Indonesia, daerah tertinggal, pulau-pulau terluar dan daerah perbatasan.

4. Bagus dari aspek pertahanan

Sebagai ibu kota suatu negara, maka sudah dipastikan daerah tersebut akan menjadi pusat pemerintahan dimana presiden berada. Otomatis, aspek pertahanan harus menjadi pertimbangan yang tak kalah penting, karena jatuhnya ibu kota berarti kejatuhan negara.

Ilustrasi pertahanan di Amerika Serikat (gedung Pentagon) – hitt.com

Dengan luasnya areal yang ada di Kalimantan, ini tentu amat ideal untuk menjadi benteng pertahanan. Hal ini dikarenakan letak sebuah ibu kota negara harus terlindung, tidak di teras depan atau belakang teritorial negara. Saat ada ancaman militer maupun non-militer, ibu kota negara harus memiliki akses laut, udara, darat, yang memiliki kemampuan sebagai jembatan komunikasi aspek sosial ekonomi.

Semoga dengan terealisasinya pemindahan ibu kota, maka hal-hal positif yang diharapkan bisa benar-benar terwujud yak!

379
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~