4 Aksi Kenakalan “Konyol” Remaja SMA yang Hanya Terjadi di Indonesia

Kamu pasti pernah melakukan salah satunya

Banyak yang bilang kalau masa-masa paling indah adalah masa sekolah, terutama saat SMA. Banyak hal menarik yang biasa dilakukan anak-anak SMA, mulai dari yang positif hingga hal-hal “gila” yang cenderung mengarah ke kenakalan. Ngaku aja deh, jaman SMA kamu pasti pernah melakukan kenakalan. Mulai dari kenakaln kecil hingga kenakalan yang bahkan mengarah ke kriminalitas.

Baca juga : Polyamory, Cara lain Merasakan Bahagia dalam Menjalin Hubungan Cinta

Kenakalan masa SMA (idntimes.com)

Terkadang kenakalan yang dilakukan remaja SMA ini terbilang konyol dan bikin ngelus dada. Bahkan mungkin hanya reja di Indonesia saja yang melakukannya. Tengok saja remaja-remaja sekolah di belahan bumi lainnya, bahkan mereka tak mengenal kata tawuran. Nah di bawah ini ada 4 kenakalan remaja yang hanya terjadi di Indonesia saja, kamu pernah melakukannya?

1. Tawuran antar pelajar

Tawuran antar pelajar sudah sangat umum terjadi. Bahkan menjadi tradisi di beberapa daerah dan sekolah-sekolah tertentu. Biasanya tawuran ini dipicu karena masalah sepele, entah itu masalah pribadi yang kemudian melibatkan geng sekolah atau bahkan karena dendam yang telah dipelihara dari generasi ke generasi.

Tawuran (blogger)

Mirisnya, sudah banyak korban berjatuhan karena tawuran. Nggak cuma dari kalangan remaja yang ikutan tapi juga tak sedikit korban yang berasal dari masyarakat awam. Entah tak sengaja terkena lemparan batu hingga sabetan senjata tajam. Bahkan sudah ada korban yang meregang nyawa hanya karena tawuran.

2. Bolos pelajaran hingga bolos sekolah

Nyatanya, kebiasaan buruk ini hanya terjadi di Indonesia saja lho. Di negara-negara lain, anak remaja lebih memilih untuk tidak masuk sekolah sekalian daripada harus berbohong ke orang tua. Kalau di Indonesia, pamitnya berangkat sekolah tapi tak pernah sampai ke sekolah.

Membolos (kulonprogonews.files.wordpress.com)

Sudah banyak pelajar yang akhirnya terjaring razia karena bolos sekolah. Kebanyakan tertangkap di mal, nongkrong di cafe-cafe, ataupun tempat hiburan lainnya. Parahnya mereka masih menggunakan seragam sekolah dengan identitas lengkap.

3. Jual beli kunci jawaban UN

Setiap siswa pastilah ingin lulus ujian nasional dengan hasil memuaskan sehingga bisa dengan mudah diterima di perguruan tinggi favorit. Namun terkadang keinginan ini tak disertai dengan usaha dan kerja keras. Cara instan seperti membeli kunci jawaban lebih diminati.

Jual beli jawaban UN (youthmanual.com)

Ini bukan lagi rahasia umum, banyak kunci jawaban yang tersebar menjelang ujian nasional. Tak sedikit siswa yang rela merogoh kocek jutaan rupiah untuk mendapatkan kunci jawaban. Mirisnya, kunci jawaban ini justru menjadi penyebab ketidak lulusan.

4. Corat-coret seragam saat lulusan

Tidak semua siswa melakukan hal ini, tapi sebagian besar masih saja menjadikannya sebagai tradisi. Mencoret-coret seragam ini sebagai lambang kebebasan setelah berbulan-bulan lebih belajar dan akhirnya lulus sekolah. Tak hanya corat-coret, banyak juga yang terjun ke jalan melakukan konvoi kendaraan.

Corat-coret (blogspot.com)

Meskipun begitu masih banyak juga yang merayakan lulusan dengan menyumbangkan seragam, buku hingga perlengkapan sekolah lainnya kepada mereka yang kurang mampu. Ada juga yang membagi-bagikan makanan gratis di jalan. Dan sepertinya kegiatan ini jauh lebih bermanfaat daripada mengganggu ketertiban umum dengan konvoi.

Nah itulah kenakalan-kenakalan remaja SMA yang sebenarnya kalau dipikirkan lagi hanya sebatas kekonyolan belaka. Tak ada manfaatnya sama sekali tapi masih saja dilakukan.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

“You can if you think you can”

4 Tanda Lucu Saat Teman Kerja Jatuh Cinta Sama Kamu

Surat Terbuka Untuk Kamu Para Calon Suami Kelak