3 Tipe Dosen Paling Menyebalkan dan Cara Menghadapinya, Sering Ketemu yang Mana?

Menurut kamu mana yang paling menyebalkan?

Masa-masa menjadi seorang mahasiswa bisa terbilang penuh suka duka. Tugas numpuk, kegiatan kampus yang tak ada habisnya hingga siklus pertemanan dan percintaan yang terkadang jadi sumber masalah. Selain itu perihal kuliah dan dosen juga seringkali bikin galau tak berkesudahan.

Ngomong-ngomong soal dosen, ada beberapa tipe dosen yang sering diamati oleh mahasiswa. Ada yang baik hati, murah nilai, killer hingga yang sering menghilang tanpa kabar. Dari sekian tipe dosen ini mana yang paling sering kamu temui?

Dosen killer

Jenis pengajar satu ini biasanya memiliki karakter super tegas, disiplin tinggi, intoleran hingga tidak memiliki “perikemahasiswaan”. Jika menemui dosen seperti ini, titip absen mustahil dilakukan, pun kehadiran tepat waktu sangat diharuskan. Pasalnya jika terlambat lima menit saja bisa-bisa tak boleh masuk kelas atau dianggap bolos. Kalau terlalu sering absen, jangan harap mendapatkan nilai bagus deh. Ketika mengajar pun mahasiswa wajib diam dan memperhatikan kalau tak mau kena omelan.

Dosen killer (duniadosen.com)

Meski terkesan sangat horor, dosen killer biasanya sangat objektif dalam memberikan nilai. Jika memang si mahasiswa rajin, disiplin, aktif dan mematuhi peraturan maka beliau tak segan memberikan nilai bagus. Sebaliknya kalau sering absen, pasif, tak pernah mendengarkan bahkan sering telat, nilainya bisa terjun bebas.

Jika kamu terlambat karena alasan tertentu, segeralah menghadap ketika di kantor atau dirumah. Jelaskan kepada beliau mengapa kamu terlambat dengan alasan yang masuk akal. Dengan begitu ada kemungkinan beliau bersedia memberikan toleransi sehingga catatan kehadiran bisa diubah.

Dosen pelit

Nah ini merupakan salah satu jenis dosen yang paling bikin gemas mahasiswa. Meskipun kamu memiliki otak yang jenius sekalipun akan sangat sulit mendapatkan nilai B+ apalagi A. Apalagi yang kemampuannya pas-pasan? Mungkin nilai minimal saja sudah cukup asalkan bisa lulus mata kuliah yang diampu.

Dosen pelit (blogspot.com)

Untuk menghadapi dosen seperti ini disarankan sering-sering bertemu dengan beliau, entah untuk konsultasi mata kuliah, atau sekadar bersilaturahmi. Hal tersebut dilakukan agar kita bisa dekat dan akrab dengan beliau. Dengan begitu kita bisa lebih paham apa yang beliau inginkan dan lebih mudah mendapatkan nilai bagus.

Dosen gaib

Tipe satu ini sangat sulit untuk ditemui, jarang ada di kampus kecuali sedang ada jadwal untuk mengajar. Masih menjadi misteri kesibukan apa yang beliau lakukan di luar sehingga sangat sangat sulit untuk menemui. Selalu bikin gemes apalagi kalau ingin konsultasi, bimbingan ataupun minta tanda tangan KRS dengan waktu yang terbatas.

Dosen gaib (duniadosen.com)

Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah menghubungi beliau terlebih dulu ketika ingin bertemu atau bisa juga dengan datang ke rumahnya pada sore hari. “Mencegat” ketika beliau selesai mengajar juga bisa dilakukan. Jika masih belum berhasil maka segera hubungi dekan memohon penggantian dosen.

Dari beberapa tipe di atas mana yang sering kamu temui?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *