Menurut Penelitian, 3 Tahun Pacaran Adalah Waktu Ideal Sebelum Lanjut Menikah

Kabarnya, hal ini bisa menurunkan resiko berpisah setelah menikah hingga 50 persen

Bagi banyak orang, masa berpacaran adalah masa yang perlu dan penting untuk dijalani karena pada masa inilah kita akan mengenal pasangan kita lebih dekat. Jika cocok dan merasa nyambung, maka bisa dilanjutkan ke arah yang lebih serius, yakni pernikahan. Namun jika merasa susah cocok, maka perpisahan bisa dilakukan sesegera mungkin sebelum terlambat.

Hal ini ternyata senada dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Emory University di Amerika Serikat yang menyebutkan bahwa perlu menjalani masa pacaran atau masa saling mengenal setidaknya 3 tahun atau lebih sebelum menikah. Waktu minimal 3 tahun ini disebut lebih mampu menurunkan resiko berpisah setelah menikah sebanyak 50 persen.

 

Waktu yang cukup untuk saling mengenal

Gunakan waktu sebaik mungkin untuk saling mengenal satu sama lain (smartgroom.com)

Bagaimanapun juga, kita tentu mengharapakan hanya akan menikah sekali saja seumur hidup. Artinya, kita juga akan menghabiskan waktu seumur hidup dengan satu pasangan yang sama. Itulah sebabnya kita memerlukan masa pengenalan yang cukup agar nantinya tidak ada rasa kaget karena merasa pasangan menunjukkan sikap berbeda setelah menikah. Waktu 3 tahun dinilai cukup membuat sepasang kekasih saling menunjukkan sifat sesungguhnya, bukan sifat jaim yang biasa ditunjukkan saat masa PDKT atau awal-awal pacaran.

Belajar melatih komitmen

Kamu juga bisa melatih komitmenmu pada hubungan (papasemar.com)

Waktu 3 tahun bukanlah waktu yang singkat untuk dijalani dalam sebuah hubungan percintaan. Dalam masa-masa itu, pasangan kekasih bisa sembari melatih komitmennya pada hubungan. Dalam masa persiapan itulah kita juga belajar untuk mengembangkan diri dan hubungan sehingga lebih siap nanti saat beranjak ke pelaminan.

Ada waktu menabung

Masa pacaran juga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menabung persiapan menikah (arj-photo.co.uk)

Seperti kita tahu, biaya resepsi pernikahan kian tahun kian bertambah mahal. Oleh karenanya, waktu pacaran bisa digunakan sebaik mungkin untuk mempersiapkan segalanya, termasuk dengan rencana biaya yang bisa disiapkan untuk menggelar resepsi. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan mental sebaik mungkin, karena pernikahan adalah lembaran baru dalam kehidupanmu yang amat berbeda dari sebelumnya.

Akhir kata, meski penelitian mengungkapkan bahwa waktu ideal orang berpacaran adalah 3 tahun sebelum masuk ke jenjang pernikahan, namun ini tentu berbeda-beda di setiap orang. Jangan lupakan faktor-faktor lain yang mungkin juga bisa membuatmu lebih siap menjalani pernikahan sebelum masa 3 tahun, atau bahkan kamu justru perlu waktu lebih dari itu. Pada intinya, jalanilah hubunganmu saat ini dengan keseriusan, bukan sebatas permainan romansa macam cinta monyet saja, ya!

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *