3 Hal yang Harus Dipertimbangkan Matang Sebelum Lanjut Kuliah S2!

Berencana lanjut kuliah S2? Pertimbangkan ini dulu ya, penting banget!

Melanjutkan pendidikan dari S1 ke jenjang S2 memang menjadi idaman sebagian orang. Karena pendidikan memang harus setinggi-tingginya, banyak orang langsung mendaftar jenjang selanjutnya setelah lulus sarjana. Selain mendapatkan ilmu lebih, gelar S2 juga dipercaya lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Tapi tunggu dulu, jangan buru-buru daftar kuliah untuk mengejar gelar magister. Ada beberapa hal yang harus dipikirkan serta dipertimbangkan dengan matang agar tak menyesal kemudian. Berikut ini 3 hal penting yang harus kamu jawab sebelum akhirnya lanjut ke S2.

Apa sih motivasimu untuk kuliah S2?

Ada banyak sekali alasan dan motivasi yang menjadi latar belakang mengapa seseorang ingin melanjutkan S2. Misalnya saja untuk mendapatkan gelar, meningkatkan daya saing diri, memenuhi persyaratan tertentu, atau bahkan hanya sekadar ikut-ikutan agar dianggap keren. Nah, semua alasan tersebut harus kamu pikirkan mana yang benar-benar menjadi motivasimu kuliah S2.

Apa sih motivasimu untuk kuliah S2? (Pintaria)

Karena kuliah bukan perkara main-main, hilangkan rasa ingin ikut-ikutan agar keren atau perasaan bingung yang tiba-tiba melanda ketika lulus S1. Pendidikan magister juga akan lebih menantang daripada sarjana sehingga dibutuhkan kesungguhan, niat, tekad yang besar agar pendidikan bisa selesai tepat waktu.

Perencanaan tujuan jangka panjang

Begitu lulus sarjana, perasaan bingung seringkali menghampiri. Apa yang akan dilakukan selanjutnya? Apakah kerja, kuliah atau mau nikah saja? Nah kalau kuliah S2, tujuan ke depan haruslah jelas dan matang. Kamu harus tau apa yang akan kamu lakukan begitu lulus dan wisuda. Tujuan jangka panjang ini harus dipikirkan sebelum kamu mendaftar dan memilih jurusan yang diinginkan.

Perencanaan tujuan jangka panjang (APPLE TREE PRESCHOOL BSD)

Prospek karir untuk lulusan S1 dan S2 tentu sangat berbeda. Pikirkan juga karir apa yang sesuai dengan pendidikan tinggi yang kamu ambil. Nggak semua perusahaan mau dan butuh lulusan S2, apalagi yang belum memiliki pengalaman sama sekali. Pendidikan magister ini terkadang kalah dengan mereka yang hanya D3 atau S1 tergantung pengalaman kerja yang dimiliki. Jadi pikirkan juga profesi apa yang hendak kamu geluti dengan pendidikan S2-mu itu.

Adakah biaya, waktu dan tenaga untuk menjalaninya?

Bukan rahasia lagi biaya pendidikan semakin mahal setiap tahunnya. S2 tentu akan jauh lebih berat dibanding S1 bukan hanya dari segi pelajaran namun juga dari sisi biaya. Beruntung jika orang tua mau membiayai, namun jika tidak, sanggup kah kamu membayar uang kuliah setiap semesternya? Pun jika ingin beasiswa usahanya juga tak main-main.

Adakah biaya, waktu dan tenaga untuk menjalaninya? (Brilio.net)

Selain biaya, kamu juga butuh waktu serta tenaga untuk menjalani serangkaian aktivitas kuliah. Mulai dari mengikuti kelas, riset lapangan, bikin laporan, hingga penelitian untuk tesis dan sebagainya. Tentu butuh waktu yang benar-benar luang serta tenaga ekstra agar hasilnya maksimal. Belum lagi jika sekarang kamu bekerja, apakah punya waktu cukup untuk menjalankan keduanya secara bersamaan? Pertimbangkan baik-baik ya.

Nah itulah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan dengan baik. Jangan sampai menyesal kemudian berhenti kuliah di tengah semester hanya karena tidak kuat atau menyerah dengan tantangan yang diberikan.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *