3 Alasan Krusial Mengapa Kamu Jangan Sampai Bertengkar Ketika Marah

3 alasan yang sangat sederhana dan benar-benar rasional

Apapun masalahnya, sebisa mungkin jangan pernah memulai pertengkaran ketika kamu marah. Semua orang tahu nasehat klasik ini. Tapi kadang, ketidakbisaan mengendalikan emosi adalah masalah baru yang selalu saja dilakukan banyak orang. Kita sebagai manusia, cenderung egois untuk memuntahkan amarah dengan segala argumen yang benar-benar kita percaya.

Baca juga : Tak Perlu Lagi Pelet. Karena Sekarang, Jodoh Begitu Mudah Ditemukan di Internet

chantiquevie.blogspot.com
chantiquevie.blogspot.com

Sekali lagi, jangan pernah memulai pertengkaran ketika kamu marah. Karena, ada tiga alasan paling krusial untuk menjelaskan hal itu.

1. Ketika marah, kamu berpikir semua orang sedang melawanmu

Ketika sedang marah, kamu tidak hanya kehilangan kontrol emosi, namun juga pikiran. Ketika kamu berada dalam suasana hati yang buruk, kamu akan menganggap semua ucapan dan perilaku orang lain sebagai penghinaan. Akhirnya, kamu melawan mereka meskipun tanpa adanya alasan. Apa efek terburuk yang bisa terjadi? Adalah berakhirnya suatu hubungan yang baik.

winecountrymom.com
winecountrymom.com

2. Tanpa disadari, kamu membuat orang lain ikut marah

Selalu ada timbal balik dalam hidup ini, tidak terkecuali ketika kamu marah. Tanpa pernah kamu sadari, sikap itu akan memicu orang-orang di sekitarmu untuk melakukan hal yang sama denganmu: marah. Fakta ini jelas-jelas membuktikan bahwa dengan marah, kamu tidak akan pernah bisa menyelesaikan masalah. Seringan apapun masalah itu.

nymag.com
nymag.com

3. Kamu tidak akan mau mendengarkan omongan orang lain

Logikanya, rasa marah akan menghilangkan kemampuanmu untuk bersikap rasional. Itu sebabnya ketika marah, kamu akan menganggap semua argumen orang lain salah. Hal itu akan berbeda saat pikiranmu tenang. Lebih jauh, kamu akan kehilangan kualitas individumu. Sebaliknya ketika kamu mau bersikap tenang, kamu tidak akan menganggap masalah itu sebagai masalah yang mustahil untuk diselesaikan. Bahkan, bisa saja kamu mengakhirinya dengan cepat dan efektif.

likesuccess.com
likesuccess.com

Semua orang punya masalah. Namun yang membedakan satu dengan yang lain adalah, kemampuan untuk menyikapinya. Melihat setiap masalah sebagai persoalan hidup dan mati yang harus mati-matian diperjuangkan dengan cara apapun atau, memahaminya sebagai jalan rusak yang harus diperbaiki dengan baik agar bisa terus berjalan maju dengan cara yang baik pula.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

15 Perpaduan Warna Ideal yang Akan Membuatmu Terlihat Makin Fashionable

10 Hal Penting yang Wajib Kamu Tahu Tentang Mengingat dan Melupakan