2019 Singapura Resmi Hapus Ujian Nasional, Menurut Kamu Indonesia Harus Ikutan Nggak Nih?

Setuju nggak nih kalau Ujian Nasional di Indonesia juga dihapuskan?

Singapura sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia baru saja mengeluarkan kebijakan mengejutkan dengan menghapus ujian nasional di sekolah.

Sebagaimana dilansir dalam World Economic Forum, negara yang tidak lebih besar dari Pulau Jawa ini akan menerapkan kebijakan barunya tersebut di tahun ajaran baru 2019 nanti.

OECD: Pendidikan Matematika dan Sains Di Singapura Terbaik Di Dunia. (gigit.asia)

Namun, meskipun ujian nasional dihapus, bukan berarti siswa bisa lebih bebas untuk tidak belajar. Pasalnya, pemerintah Singapura justru akan lebih fokus pada pembelajaran berbasis diskusi, kuis, game, dan tugas-tugas yang akan melatih kemandirian dan keaktifan siswa di dalam kelas.

Poin penting dari pengahpusan ujian nasional di Singapura

Pemerintah Singapura memang dikenal sangat fokus terhadap pendidikan mereka. Tidak heran jika negara kecil ini masuk ke dalam 10 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Ujian nasional merupakan ujian terberat bagi para peserta didik (metroasahan.com)

Uniknya, orientasi pendidikan yang ditanamkan kepada peserta didik di Singapura berbeda dengan negara lainnya di Asia, termasuk Indonesia. Jika di Indonesia dunia pendidikan dijadikan dunia kompetisi dengan terpaku pada nilai dan peringkat kelas, Singapura justru menolak anggapan jika sekolah tempat untuk berkompetisi.

Menurut Ong Ye Kung, Menteri Pendidikan Singapura mengatakan, jika dunia pendidikan bukanlah dunia kompetisi. Oleh karena itu, Singapura mengganti sistem pendidikannya agar siswa lebih peka terhadap kondisi orang lain, dan meningkatkan kemampuan sosial mereka.

Yang terpenting dari pendidikan ialah persoalan kepribadian (metroasahan.com)

Dengan demikian, siswa di Singapura diharapkan bisa berprestasi tanpa harus membandingkan mana siswa yang pintar, dan mana siswa yang biasa-biasa saja.

Ada benarnya juga sih, sebab jika sekolah dijadikan media kompetisi, yang ada siswa bakalan lebih egois, anti sosial, fokus pada dirinya sendiri, dan akan banyak orangtua siswa yang membanding-bandingkan prestasi anaknya dengan anak tetangga.

Perlukah Indonesia mengikuti jejak Singapura?

Sebenarnya kebijakan menghapus ujian nasional bukan pertama kali dilakukan Singapura. Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, Finlandia juga sudah lama meniadakan ujian nasional.

Wacana untuk menghapus ujian nasional di Indonesia pun sempat mencuat beberapa waktu lalu. Namun, lagi-lagi sistem yang digunakan pendidikan Indonesia masih menggunakan sistem usang peninggalan Belanda yang fokus pada kompetisi dan angka-angka pada nilai.

Sudah saatnya Ujian Nasional dihapus dari sistem pendidikan Indonesia (metroasahan.com)

Pada akhirnya, pendidikan yang tidak hanya bertujuan mencerdaskan generasi, melainkan juga membentuk kepribadian generasi yang peka terhadap lingkungan sosialnya pun belum terwujud. Pantas saja jika banyak orang pintar hanya mementingkan dirinya sendiri. Seperti para pejabat yang korupsi demi kebahagiaan pribadi.

Jadi, bagaimana menurutmu, apakah Indonesia perlu menghapus ujian nasional?

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *