Sudah Hampir 2 Tahun Pacaran? Saatnya Putuskan, Halalkan atau Tinggalkan!

Setidaknya di dua tahunmu ini kamu tahu, dia memiliki niat untuk mengajakmu berumah tangga

Mungkin kamu pernah mendengar kisah beberapa orang yang putus cinta padahal sudah bertahun-tahun berpacaran. Nggak cuma dua-tiga-empat tahun, banyak juga yang hubungannya kandas meskipun sudah 10 tahun atau bahkan lebih dalam menjalin hubungan. Banyak faktor penyebab putus, salah satunya tak kunjung diberikan kepastian.

Pacaran bertahun-tahun (dreambellaphotography.com.au)

Karena keputusan untuk menikah tidak bisa diambil begitu saja, harus ada pemikiran matang sebelumnya. Tapi tak baik juga jika keputusan tak kunjung diberikan, apalagi hingga bertahun-tahun lamanya. Meskipun tak ada rumus yang tepat untuk menghitung berapa lama waktu ideal untuk pacaran sebelum pernikahan, ada penelitian yang bisa membantu menjawabnya.

Dua tahun adalah waktu yang cukup

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Helen Fisher, seorang Relationship Expert dan sekaligus guru Human Behavior di Indiana University. Penelitian mengungkapkan bahwa waktu dua tahun adalah waktu yang cukup bagi pasangan untuk mengenal dan memahami satu sama lain.

Dua tahun adalah waktu yang cukup (learnvest.com)

Ada pula hasil survey yang dikutip dari Cosmopolitan, pasangan modern saat ini justru memutuskan untuk menikah setelah 17 bulan pacaran dan 20 bulan tunangan.

Perbandingan dengan hasil penelitian lainnya

Tak cuma Helen Fisher saja, ada penelitian lainnya yang dilakukan pada tahun 2008 kepada 633 responden wanita yang telah menikah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pasangan yang berpacaran sekitar 3,5 tahun lebih bahagia dengan pernikahannya.

Perbandingan dengan hasil penelitian lain (Kaagmandu Magazine)

Penelitian ini dikaitkan dengan fase bulan madu dalam hubungan yang bertahan selama dua tahun. Yang artinya pasangan ini telah bisa mengenal satu sama lain (dalam dua tahun tersebut) dan tahu bagaimana menghadapi konflik yang ada.

Meskipun dua tahun adalah waktu ideal tapi semua tergantung kesiapan masing-masing

Meskipun penelitian di atas menyebutkan waktu dua tahun adalah waktu yang ideal untuk pacaran, kesiapan menuju pernikahan tetap tergantung pada pribadi masing-masing. Ada yang merasa mantap menikah setelah mengenal pasangan selama 5 tahun lebih, ada pula yang seketika memutuskan menikah meskipun hanya pacaran kurang dari satu tahun.

Meskipun dua tahun adalah waktu ideal tapi semua tergantung kesiapan masing-masing (phallogauge.com)

Tapi setidaknya, saat usia pacaranmu memasuki usia dua tahun mulailah untuk mempertanyakan keseriusannya padamu. Sudah sampai tahap mana dia mengenalmu dan begitupula kamu, sudah seberapa jauh kamu mengenal dia. Jangan hanya “jalani” tanpa ada tujuan pasti. Jangan mau menjalani bertahun-tahun tanpa ada kejelasan kemana hubungan hendak di bawa.

Jangka waktu pacaran memang mempengaruhi kehidupan setelah menikah. Namun akan lebih bijak jika kamu dan pasangan menikah karena memang siap berkeluarga dan hidup bersama sampai tua.

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Terungkap, Ternyata 17 Agustus Bukan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Inilah Penjelasannya!

Kenapa Sih Orang Korea Selatan Gemar Melakukan Operasi Plastik?