10 Prediksi Titik Kemacetan Mudik Lebaran yang Harus Kamu Perhatikan

Mudik tanpa macet-macetan emang kaya sayur tanpa garam, hambar

144
SHARES

Tanpa terasa, hampir sebulan penuh umat muslim menjalani ibadah puasa. Kini saatnya mempersiapkan diri untuk menyambut hari raya Idul Fitri yang akan tiba beberapa hari lagi. Utamanya di Indonesia, suasana Idul Fitri sudah mulai terasa di minggu akhir Ramadhan. Sudah banyak masyarakat yang bersia-siap mudik ke kampung halaman. Iya, mudik menjadi budaya yang hanya ada di Indonesia. Lebaran akan terasa hambar tanpa mudik, begitu pula mudik akan terasa biasa saja tanpa sensasi macet-macetan.

Kemacetan saat mudik sudah menjadi hal lumrah yang pasti ada setiap tahunnya. Meskipun pembangunan ruas jalan terus saja dilakukan demi kelancaran, tapi tak pernah seimbang dengan meningkatnya jumlah kendaraan pribadi setiap tahunnya. Oleh karena itu, pemudiklah yang harus pintar memilih jalur agar tak terjebak kemacetan panjang. Biar mudikmu lebih lancar, berikut ini ada informasi prediksi titik kemacetan di pulau Jawa yang sebisa mungkin harus kamu hindari.

1. Tol Merak

Setiap tahunnya kamu pasti melihat liputan berita tentang arus mudik di Tol Merak yang tak pernah sepi, bahkan selalu saja diwarnai kemacetan panjang. Wajar saja, saat musim lebaran Tol Merak selalu dipenuhi pemudik dari Sumatera yang masuk ke Jawa. Belum lagi ditambah banyaknya truk logistik dan kendaraan yang memang ada di sekitar tol.

Gerbang tol Merak (katabanten.com)

2. Tol Cikampek

Selama ini Jakarta dipenuhi dengan pendatang dari berbagai daerah di pulau Jawa, nah bayangkan saja ketika semua pendatang tersebut mudik melewati satu jalan yang sama. Bisa dibilang, tol Cikampek menjadi gerbang bagi kendaraan-kendaraan dari Jakarta menuju ruas-ruas tol berikutnya ke arah timur. Sudah terbayang kan, bagaimana sesaknya tol Cikampek saat mudik lebaran?

Macet di gerbang tol Cikampek (beritadaerah.co.id)

3. Tol Pejagan

Hingga tahun ini, Tol Pejagan diprediksi tetap menjadi titik kemacetan saat musim mudik tiba. Tol Pejagan menjadi gerbang bagi sebagian besar kendaraan dari arah Barat yang menuju Jawa Tengah. Pemudik yang melewati ruas tol ini kemudian akan melanjutkan perjalanan ke Tol Brebes atau menyimpang ke kanan menuju jalur selatan.

Macet tol Pejagan (aktual.com)

4. Lingkar Nagrek

Tak hanya menjadi langganan macet setiap tahunnya, Lingkar Nagrek juga dikenal sebagai jalur rawan kecelakaan. Jalur ini akan dilalui pemudik yang mengambil jalur selatan menuju Jawa Tengah. Tikungan yang lumayan tajam dan tebing rawan longsor di kanan-kiri menjadi tantangan tersendiri bagi pemudik saat melewati ruas ini.

Jalur Nagrek (harianindo.com)

5. Exit Tol Brebes

Kemacetan parah juga diprediksi akan terjadi di exit tol Brebes seperti tahun lalu. Kamu pasti masih ingat bagaimana ngerinya kemacetan yang terjadi di jalur ini 2016 lalu. Ribuan pemudik tertahan kemacetan hingga 30 jam lebih. Tak hanya itu, banyak pemudik yang kemudian meninggal karena kelelahan hebat karena terjebak macet.

Exit Tol Brebes (metrotvnews.com)

6. Simpang Maya, Tegal

Simpang Maya, Tegal, juga diprediksi menjadi titik kemacetan tahun ini. Kemacetan ini umumnya terjadi karena banyak pemudik yang memilih jalur Tegal-Purwokerto selepas Tol Brebes. Tegal kota juga menjadi titik persimpangan pemudik yang akan pindah jalur ke selatan dnegan pemudik yang melanjutkan perjalanan via jalur utara.

Simpang Maya, Tegal (twimg.com)

7. Pekalongan

Menurut Kapolda Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Condro Kirono, kemacetan diprediksi terjadi di Pekalongan. Kemacetan ini dikarenakan adanya pembangunan tol Pemalang-Batang yang saat ini sedang dikebut agar bisa dibuka saat musim mudik tahun ini. Pengerjaan tol ditargetkan minimal selesai sampai Pekalongan. Tol baru ini juga yang kemudian juga diprediksi menjadi titik kemacetan.

Kemacetan di jalur Pantura (mediaindonesia.com)

8. Tol Semarang-Bawen

Para pemudik yang akan menuju Magelang, Yogyakarta, Solo atau Salatiga dari arah Semarang biasanya melewati tol ini. Apalagi saat ini sedang ada pengerjaan flyover Jatingaleh yang mempersempit jalur Semarang kota menuju Ungaran. Kemacetan diperkirakan akan terjadi di pintu keluar yang merupakan persimpangan ke arah Ambarawa, Salatiga dan Semarang.

Macet di Tol Semarang-Bawen (aktual.com)

9. Ambarawa

Untuk pemudik yang menuju Magelang, Yogyakarta atau Temanggung yang melewati jalur utara, selepas tol Semarang-Bawen akan melewati Ambarawa. Meningkatnya volume kendaraan saat mudik akan menimbulkan kemacetan, baik di Ambarawa Kota maupun di jalur lingkar di tepian Rawa Pening.

Lalu lintas di depan pasar Projo Ambarawa yang rawan macet (Harian Semarang – blogger)

10. Pertigaan Mengkreng, Kediri

Tak hanya jalur Barat menuju Tengah, Jalur Timur yang ke arah Jawa Tengah juga akan terjadi kemacetan utamanya di Simpang Tiga Mengkreng, Kediri. Pertigaan ini mempertemukan arus kendaraan dari arah Jombang, Kertosono dan Kediri. Kemacetan ini akan diperparah dengan adanya pusat oleh-oleh yang ada di sepanjang jalan.

Simpang Mengkreng (beritadaerah.co.id)

Nah itulah prediksi titik kemacetan pada mudik tahun ini. Kalau kamu berniat melalui titik-titik tersebut, disarankan untuk mengecek kondisi kendaraan terlebih dahulu serta siapkan fisik dalam kondisi seprima mungkin. Istirahatlah jika lelah dan utamakan keselamatan berkendara. Selamat mudik!

144
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Author Erinda

"You can if you think you can"