Kalau Kamu Sempat Percaya Sama 10 Mitos Lucu Ini, Masa Kecilmu Greget Banget!

Jangan makan biji semangka, nanti tumbuh di perut!

247
SHARES

Masa kecil memang masa paling membahagiakan. Masa-masa dimana otak bagaikan spons yang mudah menyerap informasi apapun. Apalagi anak kecil bagaikan kertas putih yang masih sangat polos. Mudah percaya apapun yang orang dewasa katakan, sekalipun itu kebohongan yang tak masuk akal. Ajaibnya, semua yang pernah dipercaya semasa kecil masih saja membekas hingga dewasa. Bahkan ada yang masih dipercaya meskipun logika sudah berkembang.


Kamu pasti masih ingat ketika orang tua melarangmu memakan biji semangka. Mereka mengatakan biji tersebut bisa tumbuh dalam perut hingga muncul dari ubun-ubun. Ketidakmungkinan ini kemudian kamu percaya hingga terbiasa untuk membuang biji semangka sebelum memakannya. Inilah tujuan sebenarnya, agar kamu lebih disiplin dan berhati-hati. Tak hanya tentang biji semangka, masih ingatkah kamu dengan sekian kebohongan di bawah ini?

1. Gigi copot: Gigi atas dilempar ke bawah, gigi bawah lempar ke atas, ke genteng!

Katanya sih kalau gigi ata dilempar ke bawah biar cepat tumbuh ke bawah dengan baik. Sebaliknya, gigi bawah yang dilempar ke genteng biar cepet tumbuh ke atas dengan benar. Padahal, dimanapun kamu membuangnya, gigi susu tetap akan tumbuh dengan baik. Masih ada yang percaya sama mitos satu ini? Kamu greget!

Gigi copot (udynmelati.blogspot.com)

2. Pas kebelet BAB, pegang batu aja!

Ah hasrat BAB memang mendadak munculnya. Bersyukur kalau kamu sedang berada dekat kamar mandi, tapi kalau kebelet pas lagi macet atau lagi main? Salah satu solusi adalah genggam batu. Mitos ini sangat dipercaya sama anak kecil jaman dulu. Ada yang kebeletnya tiba-tiba ilang, tapi ada juga yang justru tambah kebelet. Pernah coba nggak?

Pas kebelet BAB, pegang batu aja (inovasee.com)

3. Belepotan nasi bisa jadi kutil, nasi nggak habis nanti nasinya nangis

Mitos satu ini udah jelas banget akal-akalannya orang dewasa biar kamu makannya rapi dan selalu dihabisin. Secara kalau dilogika, mana bisa nasi nempel di wajah tiba-tiba jadi kutil? Atau mungkin kamu pernah dengar suara nasi yang lagi nangis? Pasti sedih banget ya kalau bisa denger 🙁

Belepotan nasi bisa jadi kutil, nasi nggak habis nanti nasinya nangis (toples write)

4. Tidur abis makan bisa jadi ular

Tujuannya baik sih, orang dewasa cuma ingin kamu nggak menjadikan ini sebagai kebiasaan. Mengingat tidur sesudah makan memang mengundang bahaya bagi kesehatan. Tapi kalau dipikir-pikir, bagaimana bisa manusia tiba-tiba jadi ular? Mungkin orang dewasa terinspirasi sinetron siluman ular putih kali ya.

Tidur abis makan bisa jadi ular (idntimes.com)

5. Jangan minum pake sedotan yang sama, nanti hamil lho!

Iya, anak kecil memang sepolos itu. Minum menggunakan sedotan yang sama dengan anak laki-laki saja sudah was-was takut hamil karena bekas bibir yang bersentuhan. Hal ini sama dengan ciuman secara nggak langsung. Dan menurut kepercayaan anak kecil jaman dulu, ciuman bisa bikin hamil. Sedotannya dibalik dulu ya!

Jangan minum pake sedotan yang sama, nanti hamil lho (inovasee.com)

6. Polisi tidur: Polisi yang dikutuk jadi batu

Mungkin nggak semua, tapi beberapa anak pasti pernah diceritain asal-usul polisi tidur yang sering kamu temui di jalan. Iya, orang dewasa bilang polisi tidur ini dulunya polisi yang kemudian dikutuk menjadi batu seperti cerita Malin Kundang. Padahal….ah sudahlah

Polisi tidur (KampusUndip.com)

7. Kalau video game ngadat, kasetnya ditiup dulu

Padahal hingga kini tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa kaset yang ditiup dijamin nggak ngadat. Meskipun begitu, anak game percaya banget sama mitos satu ini. Ajaibnya, beberapa kaset berubah lancar seketika setelah ditiup-tiup.

Meniup kaset nintendo (vebma.com)

8. VCD kotor bikin film macet

Hampir sama dengan nasib kaset Nitendo yang ditiup-tiup, bedanya kalau film yang diputar dengan VCD macet yang kamu lakukan adalah mengelap cakram VCD. Iya, cakramnya kotor makanya filmnya jadi macet-macet. Padahal membersihkan cakram justru bisa membuatnya makin rusak. Anehnya, terkadang setelah cakram dibersihkan film benar-benar lancar tanpa macet-macet.

VCD kotor bikin film macet (wikihow.com)

9. Toilet sekolah pasti ada hantunya!

Dulu banyak sekali urban legend ataupun kisah hantu yang beredar di sekolah-sekolah, terutama di toilet. Mulai mitos tentang mister gepeng hingga berbagai macam hantu yang dipercaya ada di setiap toilet-toilet sekolah. Karena adanya mitos hantu ini, ke toilet kudu rame-rame. Kalau sendirian, mendingan nahan pipis deh.

Toilet sekolah pasti ada hantunya (blogger)

10. Biji buah yang tumbuh dalem perut

Anak-anak jaman dulu memang harus hati-hati ketika makan buah yang mempunyai biji kecil, seperti semangka, jambu biji hingga biji pepaya. Ketakutan menelan biji ini semata-mata bukan karena alasan kesehatan. Tapi karena adanya mitos yang mengatakan bahwa biji yang tertelan bisa tumbuh dalam perut kemudian melewati ubun-ubun. Iya, orang dewasa memang kreatif dalam menciptakan mitos.

Biji buah yang tumbuh dalem perut (forskning.no)

Jika dipikir lagi, 10 mitos di atas memang tak masuk akal sama sekali. Tapi berkat mitos-mitos tersebut, masa kecilmu lebih greget kan? Jadi, mitos apa aja nih yang sempat kamu percaya?

247
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"