Kalau Kamu Mengira 10 Merek Ini Berasal dari Luar Negeri, Maka Kamu Menganggap Remeh Indonesia!

Namanya doang yang terdengar asing, aslinya sih buatan Indonesia~

Ada kecenderungan yang cukup aneh di Indonesia menyangkut persoalan merek. Selama ini, sebagian besar masyarakat Indonesia menyenangi sebuah produk tertentu jika produk tersebut dibuat oleh produsen asal luar negeri. Semacam ada ketidakpercayaan pada produsen lokal yang membuat kita memilih untuk lebih percaya pada produk asing.

Padahal, ada beberapa merek lokal yang kualitasnya sudah nyata teruji dan familiar dengan kehidupan kita sehari-hari. Kita mau menggunakannya karena beranggapan bahwa produk-produk tersebut adalah buatan luar negeri. Ini berarti kita masih brand oriented, dan mudah terpikat pada penampilan luar. Lantas, apa saja sih produk-produk lokal yang selama ini dianggap buatan luar negeri?

1. Polygon

Sepeda Polygon bahkan ada yang dijual hingga Rp 10 jutaan loh! – bicyclesonline.com.au

Mendengar nama Polygon, kita semua pasti mahfum bahwa ini adalah merek dari produsen sepeda terkenal. Tapi siapa sangka, aneka sepeda yang harganya bahkan ada yang mencapai Rp 10 jutaan itu adalah asli buatan Sidoarjo, Jawa Timur? Nggak nyangka kan? Selama ini kamu kira Polygon buatan negara lain? Bikin sepeda mah gampang buat Indonesia~

2. Lea Jeans

Meski terlihat sangat Amerika, nyatanya Lea adalah buatan Indonesia – youtube

Di dunia fashion, Lea Jeans adalah salah satu pemain utama di pasar Indonesia. Namanya nggak kalah dengan brand-brand dunia macam Levi’s sekalipun. Meski kita merasakan nuansa Amerika Serikat pada logo Lea Jeans, nyatanya Lea adalah buatan asli Indonesia. Penggunaan nuansa Amerika Serikat pada logonya terkait dengan padangan masyarakat kala itu yang menilai bahwa best denim selalu buatan Amerika Serikat.

3. Maspion

Salah satu produk Maspion – hurek.blogspot.com

Sudah tak mengherankan kalau kita akrab dengan Maspion, karena merek ini terkenal dengan tagline “Cintailah produk-produk Indonesia”. Maspion yang bergerak di produk elektronik rumah tangga ini awalnya sempat dikira produk luar negeri juga. Padahal, Maspion asli Indonesia dan berpusat di Surabaya.

4. Polytron

Aneka produk Polytron – jakartavenue.com

Perusahaan yang sudah eksis sejak tahun 1970-an ini membuktikan bahwa Indonesia juga jago dalam hal elektronik. Dengan pabrik yang terletak di Semarang dan Kudus, Polytron membuktikan diri bahwa Indonesia tidak kalah bersaing dengan produsen luar yang juga bergerak di bidang alat elektronik.

5. J.CO Donuts and Coffee

J.CO Donuts and Coffee, salah satu produk makanan asli Indonesia – tirto.id

Buat kamu-kamu yang besar di era 90-an, rasanya tidak ada donat yang selezat Dunkin Donuts. Tapi siapa sangka, sejak tahun 2005 nama Dunkin Donuts mulai digeser oleh pesaing baru yang ternyata asli Indonesia: J.CO Donuts and Coffee. Gerai donat yang satu ini bahkan telah melebarkan sayap hingga ke negeri tetangga macam Malaysia dan Singapura.

6. California Fried Chicken

Salah satu gerai California Fried Chicken – panoramio.com

Meski mengusung nama California, California Fried Chicken (CFC) adalah restoran ayam asli Indonesia yang didirikan di Jakarta pada tahun 1983. Saat ini, CFC telah tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki 178 gerai yang terdiri dari 108 outlet milik perusahaan, dan 70 outlet waralaba.

7. Hoka-Hoka Bento

Hoka-Hoka Bento, restoran makanan Jepang yang kini 100 persen asli Indonesia – anakjajan.com

Kita mengenal Hoka-Hoka Bento (HokBen) sebagai salah satu restoran berkonsep makanan Jepang cepat saji. Meski HokBen semula memang berasal dari Jepang dan aslinya berbasis take away (pesan ambil/bawa pulang), namun pelan tapi pasti HokBen akhirnya menjadi merek Indonesia sejak hak ciptanya telah dimiliki sepenuhnya oleh PT. Eka Bogainti. Merek HokBen di Jepang pun kini sudah tidak ada lagi, dan HokBen kini 100 persen dimiliki oleh warga negara Indonesia.

8. Krisbow

Beberapa perlengkapan otomotif buatan Krisbow – flickr.com

Kalau kamu sering berkunjung ke Ace Hardware, maka kamu seharusnya sudah tidak asing lagi dengan produk-produk keluaran Krisbow. Merek tersebut bergerak di bidang produksi perkakas teknik, permesinan, pertukangan dan industri, perangkat rumah tangga, alat keselamatan, dan furniture yang asli berasal dari Indonesia. Nama Krisbow sendiri merupakan singkatan dari nama pengusaha plastik Krisnandi Wibowo.

9. Eiger

Salah satu toko (counter) EIGER di Kota Surabaya, Jawa Timur – uzone.id

Para pencinta alam di Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Eiger. Yak, Eiger adalah produsen pakaian dan peralatan rekreasi alam yang berasal dari Indonesia. Eiger dikenal memiliki produk berkualitas untuk kegiatan mendaki gunung, berkemah, dan panjat tebing seperti tas dan jaket. Nama Eiger diambil dari sebuah nama gunung di Alpen, Swiss.

10. Tomkins

Tomkins adalah buatan Indonesia – youtube

Kalau selama ini kita mengira Bata adalah produk sepatu buatan Indonesia, maka Tomkins adalah merek yang sering dikira berasal dari luar negeri. Keduanya tentu salah, karena Bata berasal dari Ceko dan Tomkins adalah buatan Indonesia, tepatnya dari daerah Bandung. Selama ini, Tomkins dikenal sebagai produk sepatu berkelas dan ditawarkan melalui gerai-gerai di dalam mall. Tak heran jika produk ini pun akhirnya juga cukup dikenal di luar negeri.

Selain 10 merek tersebut, masih banyak merek-merek lain yang sering kita kira merupakan buatan luar negeri. Kita ‘tertipu’ hanya karena produk-produk tersebut memakai nama dan istilah asing. Secara psikologis, kita masih minder menggunakan produk lokal dan justru bangga dengan produk asing. Coba kalau J.CO Donuts and Coffee berganti nama jadi Donat dan Kopi Jeko, yakin kalian masih doyan nongkrong di situ?

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

4 Jawaban “IYA” Paling Absurd Versi Cewek Saat Ditembak Cowok

Ciri-ciri Orang Sok Pintar yang Sebenarnya Hanya Orang Bodoh yang Ingin Menutupi Kebodohannya