10 Hal Sepele Ini Ternyata Mempunyai Tujuan yang Tak Pernah Kamu Duga Sebelumnya

Kamu tak akan pernah menduga kenapa penghapus memiliki sisi berwarna biru

17
SHARES

Ada banyak hal yang setiap hari kamu lihat, namun nggak tahu untuk tujuan apa hal-hal tersebut diciptakan. Mungkin beberapa dari kamu bertanya-tanya apa sih gunanya kancing di bagian belakang kerah kemeja atau untuk apa bulatan kecil pada charger laptop. Benda-benda ini nggak asing kok untuk kamu, namun tetap saja walaupun kamu melihatnya setiap hari kamu nggak tau itu fungsinya untuk apa. Nah jika kamu penasaran benda-benda apa itu dan juga untuk apa fungsinya, yuk simak artikel berikut ini.


1. Ini lho fungsi gantungan di belakang kerah baju kamu

Ada tiga penjelasan yang masuk akal kenapa ada gantungan di belakang kerah kemeja yang kamu pakai. Yang pertama, sangat jelas untuk membantumu menggantung baju dengan mudah. Penjelasan kedua, saat era dimana kerah baju dilepas kemudian di dipasangkan sapu tangan, dari situlah ide gantungan ini berasal. Tak lain dan tak bukan untuk membantumu memasangkan dasi -sebagai perkembangan dari sapu tangan- dengan cepat.

Ide yang ketiga ini bisa dibilang lebih romantis. Seorang mahasiswa di salah satu universitas di Amerika melepas gantungan tersebut dari kemejanya saat dia mulai berkencan dengan seorang gadis. Tentu saja untuk menunjukkan bahwa si mahasiswa ini sudah ada yang memiliki. Sementara untuk si gadis, dia akan memakai syal dengan lambang universitas di atasnya. Romantis kan.

Fungsi gantungan baju (Via viralplots.com)
Fungsi gantungan baju (Via viralplots.com)

2. Bulatan kecil pada charger laptop

Kamu yang hampir tiap hari menggunakan laptop pasti sering melihat bulatan kecil ini. Taukah kamu apa fungsinya? Perangkat kecil tapi sangat penting ini namanya ferrite bead. Fungsinya adalah untuk menekan noise dari frekuensi tinggi dalam sirkuit elektronik. Desainnya sangat sederhana dan sering membuat kita bertanya-tanya apa itu sebenarnya. Ferrite bead memiliki insert yang terbuat dari ferrite yang dililit oleh kabel.

Ferrite bead (Via brightside.me)
Ferrite bead (Via brightside.me)

3. Lingkaran kecil pada jendela pesawat

Kaca jendela pesawat terbuat dari dua lembar kaca plastik atau perspex. Pada panel kaca bagian dalam memiliki potensi pecah karena perbedaan yang signifikan pada tekanan kabin pesawat dan tekanan dari luar. Nah lubang kecil ini memungkinkan udara untuk bergerak di antara kabin dan juga daerah antara dua panel kaca, sehingga menyamakan tekanan udara antara keduanya.

Bulatan pada jendela pesawat (Via brightside.me)
Bulatan pada jendela pesawat (Via brightside.me)

4. Jadi, apa fungsi dari warna biru pada penghapusmu?

Coba saja tanyakan pada siapapun kenapa penghapus memiliki warna biru pada salah satu sisinya. Mungkin rata-rata akan mengatakan kalau warna biru untuk menghapus bekas pulpen. Sebenarnya itu mitos dan tak sepenuhnya benar. Awalnya, warna biru dimaksudkan untuk menghapus tanda yang tertinggal pada kertas tebal. Saat bagian merah dipakai seringnya akan meninggalkan jejak di belakang kertas, nah warna biru ini umumnya akan menghilangkan jejak tersebut dan apapun yang bisa di hilangkan.

Produsen dari penghapus tersebut sadar bahwa orang-orang tak mengerti dengan tujuan dari sisi biru sebenarnya. Karena itulah mereka mulai mempromosikan penggunaan sisi biru ini untuk menghapus bekas pulpen. Bahkan saat produsen tersebut pergi jauh, mereka memberikan label dengan gambar pena.

fungsi bagian biru penghapus (Via volusion.com)
fungsi bagian biru penghapus (Via volusion.com)

5. Lubang kancing paling atas selalu horisontal

Salah satu misteri pada baju yang tak kamu sadari adalah kenapa lubang kancing paling atas dan juga paling bawah bentuknya horisontal, sementara kancing lainnya berbentuk vertikal? Awal mulanya berangkat dari kenyataan bahwa kancing di kedua tempat ini lebih mungkin untuk dilepas. Tentu saja bentuk horisontal ini lebih memudahkan untuk dilepas dibandingkan yang vertikal.

Lubang kancing (Via indiegogo.com)
Lubang kancing (Via indiegogo.com)

6. Ekstra lubang di sepatu

Kamu yang sering menggunakan sneakers, pernahkah memperhatikan lubang tambahan pada bagian atas sepatumu? Hanya sedikit orang yang menyadari lubang ini dan juga tau apa fungsi sebenarnya. Lubang ini dirancang dengan tujuan yang sangat berguna dengan pemikiran agar sepatu tetap ditempatnya dan mencegah gesekan di pergelangan kaki saat kamu olahraga. Untuk lebih jelasnya, coba deh cek videonya disini dan kamu akan tau bagaimana cara menggunakannya.

Lubang tambahan (Via theblaze.com)
Lubang tambahan (Via theblaze.com)

7. Lubang pada sendok spaghetti, untuk apa?

Lubang pada sendok spaghetti ini dirancang untuk memungkinkan kamu mengukur jumlah yang benar untuk satu porsi standart dari pasta yang diperlukan. Beberapa orang mungkin makan dengan jumlah lebih banyak dari porsi seharusnya dan sebagian orang justru makan lebih sedikit. Tapi dengan lubang di sendok spaghetti, akan sangat berguna untuk mendapatkan porsi rata-rata yang cenderung dimakan oleh banyak orang.

Sendok spaghetti (Via popsugar-assets.com)
Sendok spaghetti (Via popsugar-assets.com)

8. Kantong kecil dalam kantong pada celana jeans

Salah satu jawaban yang mungkin adalah untuk membawa banyak hal yang berukuran kecil. Namun, sebenarnya tujuan utamanya dibuat saku kecil ini bukanlah itu. Saku ini pertama kali muncul pada celana jeans Levi pada tahun 1873 yang dimaksudkan untuk meletakkan arloji dalam saku atau ‘arloji saku’. Hingga hari ini kantong kecil ini masih resmi disebut dengan ‘kantung jam’ oleh para produsen.

Kantong untuk jam (Via abplive.in)
Kantong untuk jam (Via abplive.in)

9. Lubang diatas tutup pulpen

Mungkin kamu sering menemukan adanya ‘kejanggalan’ kenapa tutup pulpen terdapat lubang diatasnya. Berbagai pendapat tersebar luas, diantaranya untuk memungkinkan udara mengalir melalui paru-paru jika nantinya tersangkut di tenggorokan seseorang. Itu tidak cukup, jika ada sesuatu yang terjebak pada trakea seseorang hal tersebuat akan menyebabkan reaksi pembengkakan selaput lendir. Lubang tutup ini mencegah tutup terserap kedalam membran. Cukup mengerikan sih jika dibayangkan ada orang yang menelan tutup pulpen.

Tutup pulpen (Via thesun.co.uk)
Tutup pulpen (Via thesun.co.uk)

10. Material baru saat membeli baju baru

Banyak yang mungkin bertanya untuk apa disertakan contoh material saat membeli baju baru. Terkadang ada yang berpikir untuk menggantikan material lama jika terjadi sesuatu, dan itu mungkin saja. Namun yang sebenarnya material tersebut untuk dicuci dengan deterjen ataupun pemutih pakaian, untuk melihat bagaimana reaksi yang terjadi jika pakaian baru yang kamu beli juga dicuci dengan bahan yang sama.

Material pada baju baru (Via brightside.me)
Material pada baju baru (Via brightside.me)

Bagaiamana, sudah tau kan apa fungsinya benda-benda sepele ini? Yuk bagikan ke teman-teman 🙂

17
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"