Pertama dan Terbesar di Asia, Museum Angkut Jadi yang Paling Ramai di Indonesia

Karena udah nggak jamannya lagi museum klasik dan ya.. sepi!

Apa kabar museum di Indonesia? Sangat menyedihkan dan tak pernah dilirik wisatawan, kecuali mungkin para pelajar yang memang mendapat tugas berkunjung ke museum untuk pembelajaran. Bahkan nasib museum yang dikelola dengan baik seperti Museum Bank Indonesia dan Museum Gajah di Jakarta pun tetap saja malang, kecuali Museum Angkut di Malang.

amuratours.com

Museum transportasi pertama dan terbesar di Asia

Berada di Kota Batu, yang merupakan tetangga dari Kota Malang, Jawa Timur, Museum Angkut berkembang pesat menjadi museum terbaik di Indonesia yang dikelola secara profesional. Museum ini selalu ramai dikunjungi meski dipungut biaya yang relatif mahal, sekitar Rp 100 ribu per orang.

infojalanjalan.com
infojalanjalan.com

Dari namanya, Museum Angkut terdengar sangat sederhana dan tak ada yang istimewa. Atau ya.. malah sedikit ndeso (kampungan) kalau orang Jawa bilang. Namun nama tetaplah hanya sebuah nama. Dengan konsep megah dan spektakuler, museum ini diklaim sebagai museum transportasi pertama dan terbesar di Asia.

Museum megah yang menawarkan sejarah dan kreativitas luar biasa

Tentu sangat besar investasi yang dikeluarkan pihak pengelola untuk membangun museum megah yang diresmikan sejak 9 Maret 2014 itu. Namun sepertinya, mereka tidak terlalu memikirkan dana, melainkan kreativitas luar biasa. Karena tanpa kreativitas, mustahil sebuah museum bisa menjadi magnet kuat bagi para pengunjung.

specindo.com
specindo.com

Berbeda dari museum kebanyakan, Museum Angkut menjadi favorit banyak pengunjung bukan saja karena ingin melihat sejarah, namun ingin menikmati nilai-nilai wisatanya. Museum ini sangat modern dengan segala macam spot fotografi dan pernak pernik yang kekinian.

xiaovee.blogspot.com
xiaovee.com

Di sisi lain, Museum Angkut tetap menjadi tempat yang tepat untuk studi banding bagi mereka yang ingin belajar mengelola museum yang sukses secara komersial (dengan unsur hiburan yang kental) tanpa kehilangan bobot edukasinya.

Area seluas 3,8 hektar yang dijejali lebih dari 300 koleksi alat transportasi

Jika kamu ingin berwisata sekaligus menambah ilmu sejarah, maka sebaiknya sediakan waktu sehari penuh agar bisa mengelilingi Museum Angkut sepuasnya. Di sini, kamu bisa melihat lebih dari 300 koleksi kendaraan dari yang paling kuno sampai modern, dari pedati hingga pesawat terbang.

sunteatraveller.blogspot.com
sunteatraveller.blogspot.com

Tak hanya itu, di museum seluas 3,8 hektar ini juga terdapat banyak sekali replika dan miniatur ikon beberapa kota besar di dunia, dari Stasiun Kereta Api Kota di Jakarta sampai Istana Buckingham di London. Uniknya lagi, ada sebuah kolam raksasa yang di dalamnya mengapung rumah-rumah tradisional yang mewakili banyak daerah di Indonesia. Di setiap rumah tradisional ini terdapat banyak kios yang khusus menjajakan beragam kuliner bagi para pengunjung.

piknikasik.com
piknikasik.com

Jadi, museum mana yang nantinya bisa menandingi sejarah dan kreativitas Museum Angkut? Kita tunggu saja.

Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."