7 Rumah Makan Sunda di Bandung yang Paling Diburu dan Terpopuler Dikalangan Anak Muda

Wisata kuliner khas sunda di Bandung, bikin perut gak bisa kenyang loh!

Berkunjung ke kota Bandung sepertinya kurang afdhol jika kita tidak mencicipi kuliner khas Sunda. Sebab, Bandung yang merupakan Ibu Kota tanah Sunda merupakan surganya pecinta kuliner khas Sunda. Ada deretan rumah makan dan retsoran yang menawarkan menu spesial makanan khas Sunda, dari yang level kaki lima sampai yang sekelas hotel berbintang lima semuanya ada di Bandung, tinggal kita mau pilih yang mana.

Namun dari banyaknya rumah makan sunda di Bandung, ada beberapa tempat yang menjadi favorit kalangan anak muda. Selain rassanya yang enak dan tempatnya yang nyaman, alasan lainnya ialah harganya yang bersahabat. Dimana saja rumah makan di Bandung yang menjadi idola kawula muda? Inilah beberapa diantaranya.

1. Rumah makan sindang reret

Rumah makan sunda di bandung
sindangrerets.blogspot.co.id

Rumah makan sindang reret merupakan rumah makan yang menawarkan makanan khas Sunda, rumah makan ini dikalangan anak muda bandung sangat terkenal. Sindang reret sangat populer di Bandung, bahkan rumah makan ini sudah membuka cabang di beberapa tempat di Bandung dan luar kota Bandung. Yang paling populer ialah rumah makan sindang reret yang berada di Lembang Bandung. Lokasinya yang strategis berada di kawasan tempat wisata dan kepopuleran rumah makan sindang reret membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi pelanggan.

Rumah makan sunda di bandung
bandung.panduanwisata.id

Sindang reret merupakan rumah makan yang menawarakn menu spesial masakan sunda, menu spesial disini ialah pepes ikan, sup, karedok, lalapan dan masakan khas sunda lainnya. Untuk minuman spesialnya kamu bisa mencicipi bandrek sunda.

2. Rumah makan Sambara

i.ytimg.com
i.ytimg.com

Rumah makan sunda di Bandung yang paling populer selanjutnya ialah rumah makan sambara, rumah makan ini dikenal sebagai salah satu pusatnya rumah makn khas sunda yang ada di Bandung. Lokasinya sangat strategis untuk dituju, yaitu di Jalan Trunojoyo No. 64, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, atau tidak jauh dari gedung sate Bandung.

sylviarhodia.wordpress.com
sylviarhodia.wordpress.com

Disini kamu bisa menikmati makanan khas sunda seperti pepes ikan, ayam bakar khas sambar, yerong lombok hijau dan beberapa jenis masakkan sunda lainnya. Selian menunya yang spesial sunda, interior dan pernak-pernik ruangan di tempat makan ini juga sangat kental akan budaya sunda, seperti dibeberapa tempat terdapat hiasan wayang golek dan hasil kerajinan tangan lainnya. Soal harga, di rumah maka sambara sangat terjangkau kk, cocok buat anak muda.

3. Alas daun

Rumah makan sunda di Bandung
inspirasikukeni.blogspot.co.id

Untuk yang satu ini tidak kala keppulerannya untuk masalah masakan sunda, rumah makan alas daun dikenal sebagai rumah makan khas sunda yang sangat kental dengan cita rasa tradisional dan etniknya. berada di Jalan Trunojoyo No. 64, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung,alas daun hampir selalu dipenuhi pengunjung setiap harinya.

rumah makan di bandung
kuliner.panduanwisata.id

Menu andalan di alas daun ialah ayam bumbu hejo, sambal goreng kentang, orak arik bunga pepaya, pepes tahu, bandeng pepes, sate meranggai dan aneka jenis lelaukan yang lainnya. Sesuai namanya, yang unik dari rumah makan alas daun ialah tempat penyajian makannya yang tidak menggunakan piring, melainkan menggunakan alas daun pisang. Selain itu, model makan prasmanan atau mengambil sendiri menu makan juga menjadi daya tarik sendiri di rumah makan alas daun ini.

4. Rumah makan Ampera Bandung

Rumah makan ampera kini memiliki beberapa cabang di Bandung dan di luar kota Bandung seperti Jakarta, Tangerang, dan Ciamis. Banyaknya cabang yang tersebar di Bandng dan di uar Bandung membuktikan jika rumah makan ampera ini memiliki langganan setia yang cukup banyak. Banyak yang mengatakan jika wisata ke Bandung rasanya kurang lengkap tanpa mencicipi makanan khas sunda di rumah makan ampera,

Rumah makan di bandung
bandung.panduanwisata.id

Rumah makan ampera memang salah satu rumah makan khas sunda yang menyediakan menu sunda seperti aneka olaha ikan air tawar, belut, ayam bakar, dan lalapan. Harga  yang dipatok rumah makan ampera juga terbilang sangat murah, untuk aneka jenis lauk pauk mulai dari 3000 sampai 20.000 dan untuk minumannya dihargai mulai dari 4500 sampai 13000 rupiah saja.

5. Nasi timbel bawean

Untuk anak muda Bandung tentu tidak asing dengan tempat makan yang satu ini, nasi timbel bawean. Lokasi rumah makan ini berada di jalan bawean kota Bandung, disini menjadi tempat favorit tongkrongan anak muda Bandung yang ingin menikmati kuliner khas sunda ini. Menu andalannya tentu nasi timbel, nasi timbel sendiri merupakan satu set nasi putih yang dibungkus dengan daun pisang dan berlauk pauk lengkap seperti ayam, tempe sambal, terong, kerupuk dan lauk lainnya sesuai selera. Ohiya, sekarang juga ada nasi timbel merah loh.

rumah makan di bandung
kuliner.panduanwisata.id

Untuk masalah harga, nasi timbel bawean ini sangat pengertian terhadap anak muda Bandung, sebab harganya sangat terjangkau, yaitu untuk satu porsi nasi timbel bawean kamu cukup merogoh kocek sekitar 15000 sampai 25000 rupiah, murah bukan?

6. Rumah makan manjabal 2 Bandung

rm-manjabal2.blogspot.co.id
rm-manjabal2.blogspot.co.id

Rumah makan sunda di Bandung selanjutnya ialah rumah makan manjabal 2, rumah makan khas sunda ini tidak kalah kepopulerannya sama rumah makan yang lainnya. Adapun untuk menu andalannya ialah olahan ikan guramenya, selain itu kamu juga bisa memesan menu yang lainnya seperti beragam tumisan sayur, karedok, gepuk, beragam olahan ikan. Sambelnya pun tak kalah menggoda, ada sambel terasi, sambel tomat, hingga sambel tempe.

kuliner.panduanwisata.id
kuliner.panduanwisata.id

Rumah makan manjabal memiliki cabang di beberapa tempat, salah satunya ialah di jalan Cijagra No. 66. JIka kamu mengunjungi rumah makan ini, kamu bakalan menemukan suasana asri khas pegunungan, yah memang konsep yang dipakai rumah makan manjabal ialah konsep pegunungan. Sebab manjabal sendiri memiliki arti orang gunung.

7. Rumah makan cikawao

Rumah makan sunda di Bandung yang paling populer terakhir ialah rumah makan cikawao, rumah makan ini bisa dikatakan sebagai legend nya rumah makan sunda di Bandung, berdiri sejak tahun 1950an, rumah makan cikawao sudah setengah abad lebih melayani pelangga penikmat makanan khas sunda. Mungkin untuk soal daftar menunya hampir sama dengan daftar menu di rumah makan khas sunda yang lainnya, tetapi yang berbeda disini ialah cara penyajiannya.

rumah makan sunda di bandung
goodindonesianfood.com

Berbeda dengan rumah makan khas sunda lainnya, di rumah makan cikawao ketika kamu sampai dimeja makan, maka staf rumah makan akan membawakan makanan ke meja makan kamu, dan kamu tinggal memilihnya.

Itulah tujuh rumah makan sunda di Bandung yang paling populer di kalangan anak muda Bandung. Kamu bisa mengunjungi untuk mencicipi kelezatan masakan khas sunda yang kaya akan cita rasa tradisional.

Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,