5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Motor Kesayangan Cepat Memble

Motor keren tapi mogokan? Percuma…

5
SHARES

Selain fungsi utamanya sebagai alat transportasi, saat ini sepeda motor (atau disebut motor saja) sudah menjadi semacam pelengkap gaya. Sebagian besar dari kita semakin berlomba mempercantik motor demi tampil keren di jalanan. Tapi, bagaimana jika motor kesayangan kita justru memble, sering macet, bahkan sampai turun mesin meski tampilannya mengesankan?

instagram.com
instagram.com

Inilah masalah yang sering dihadapi banyak orang, punya motor bagus tapi sering sekali rusak. Mungkin penyebabnya bukan karena perawatan yang memang sudah rutin dilakukan, namun kesalahan-kesalahan sepele yang tanpa sadar sering dilakukan.

Apa saja?

1. Membuka gas terlalu besar saat men-stater motor

Bukannya efektif, kebiasaan buruk yang menjadi kebiasaan banyak orang (terutama pria) ini justru membuat mesin motor sulit hidup. Penyebabnya adalah, ketika gas dibuka terlalu besar, maka udara yang masuk ke bagian mesin terlalu banyak dan tidak sebanding dengan volume bahan bakar yang didistribusikan.

rodaduakita.blogspot.com
rodaduakita.blogspot.com

2. Tidak memeriksa kondisi motor secara menyeluruh secara berkala

Perawatan motor bukan hanya mengelap, mencuci, atau sekadar ganti oli saja. Pengecekan lain seperti memeriksa tangki bahan bakar, lampu, klakson, ban, dan bagian motor lain yang rawan rusak juga harus tetap rutin dilakukan, karena sangat berpengaruh pada komponen dasar motor.

jackalride.wordpress.com
jackalride.wordpress.com

3. Membuka gas terlalu besar saat motor melaju di gigi satu

Hal ini biasanya dilakukan oleh mereka yang sedang belajar mengendarai motor karena belum punya feeling gas yang pas atau takut mesin mati. Padahal, kebiasaan ini justru membuat motor tersentak saat mulai melaju.

hondamitrajaya.com
hondamitrajaya.com

4. Beban motor terlalu berat

Mengendarai motor dengan beban penumpang berlebih atau bahkan bonceng tiga, serta membawa barang yang terlalu berat, akan memaksa motor bekerja ekstra. Selain itu, beban yang diterima velg dan shock breaker juga lebih besar sehingga lebih cepat rusak.

Brilio.net
Brilio.net

5. Pedal rem selalu diinjak

Ini sering terjadi pada pengendara motor bebek atau sport. Kadang pengendara terlalu asik menikmati perjalanan hingga tanpa sadar kakinya menginjak pedal rem terus menerus. Meskipun tidak membuat motor berhenti karena injakan cukup ringan, namun hal ini bisa mengakibatkan mesin dan kopling sangat ekstra sehingga mesin cepat panas.

wajibbaca.com
wajibbaca.com
5
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."