Karena Move-on Aja Nggak Cukup, Yuk Move-up dengan 4 Tips Ini

Karena dengan move up, kamu bisa naik ke level yang lebih tinggi

25
SHARES

Mungkin kebanyakan orang hanya mengenal istilah move on saat mereka dilanda kekecewaan, kegalauan dan juga kondisi terpuruk lainnya. Entah itu berkaitan dengan masalah pekerjaan, pendidikan, bisnis hingga percintaan. Tapi, untuk pulih dari keterpurukan apakah move on saja cukup?

Move on berarti perpindahan secara horisontal, dengan tujuan untuk memperbaiki kondisi atau mendapatkan suasana baru. Perpindahan secara move on ini masih berada pada level yang sama dengan sebelumnya sehingga tak ada peningkatan secara kualitas. Sementara itu move up tak jauh berbeda dengan move on, hanya saja move up mencakup semua aspek dan juga mengalami pergerakan secara vertikal sehingga ada peningkatan kualitas. Atau lebih mudahnya, dengan move up kamu bisa naik ke level yang lebih tinggi.

Kebanyakan orang sih cukup puas hanya dengan move on, padahal jika dilanjutkan dengan move up mereka bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa move up? Berikut ini 4 tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan levelmu melalui move up.

1. Perbaiki kuantitas dan kualitas ibadah

Semua yang terjadi dalam kehidupan kita tidak pernah lepas dari takdir Tuhan. Jika memang kamu mengalami kegagalan dan kekecewaan, artinya sesuatu tersebut belum tentu baik untukmu dan kamu sedang diarahkan untuk sesuatu yang jauh lebih baik.

Untuk itu sudah selayaknya kamu meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah kepada Sang Pencipta agar diberi petunjuk dan diarahkan untuk kehidupan yang setingkat lebih baik. Berdoalah dan selalu libatkan Tuhan dalam setiap aktivitas yang kita lakukan.

hamilton.edu
hamilton.edu

2. Menetapkan tujuan dengan jelas

Setelah kamu berhasil memperbaiki kondisi dan juga menemukan suasana baru dengan move on, kini saatnya kamu menetapkan tujuan yang jelas. Atur dan tata kembali tujuanmu dengan sangat jelas. Mulai dari apa yang ingin kamu raih, kapan kau harus meraihnya, bagaimana cara kamu meraihnya dan juga apa saja yang kamu butuhkan untuk meraih tujuanmu.

Jadikan kegagalanmu yang dulu sebagai pelajaran agar kamu tak kembali jatuh di lubang yang sama. Pengalaman memang guru terbaik, dan istilah ini bisa kamu percaya. Pelajari apa yang membuatmu gagal di masa lalu dan jangan terapkan untuk tujuanmu di masa depan. Impian dan tujuan yang jelas akan membuat kamu makin termotivasi untuk melangkah dan merangkak naik lebih jauh dari levelmu yang sekarang.

JBarrows
JBarrows

3. Miliki rutinitas yang akan membawamu pada tujuan

Keberhasilan tak bisa kamu dapatkan tanpa melalui kegagalan dan kekecewaan. Setelah berhasil mengobati luka karena kegagalan tersebut kini saatnya kamu melanjutkan perjalanan. Atur kembali rutinitas yang harus kamu lakukan. Pilihlah rutinitas yang bisa mendekatkanmu pada keberhasilan atau setidaknya mengalami peningkatan kualitas.

Rutinitas ini bisa beruba hobi atau kegiatan apapun yang kamu sukai. Misalnya saja kamu ingin menjadi seorang penulis terkenal, maka atur jadwalmu untuk mulai latihan menulis. Entah itu menulis cerita, essai atau apapun sesuai minatmu. Jangan lupa perbanyak membaca buku. Jika dilakukan secara tekun dan rutin, rutinitas ini akan membawa kesuksesan untuk hidupmu.

Neil Patel
Neil Patel

4. Jangan pernah berhenti belajar

Meskipun kamu menjadi orang paling cerdas di dunia, jangan sekalipun berpikir untuk berhenti belajar. Kalau kata Bapak Apple, Steve Jobs sih “Stay hungry, stay foolish”. Jangan pernah puas dengan pengetahuan yang kamu miliki saat ini dan terus kembangkan. Jangan pernah merasa cukup akan pengalaman dan teruslah mencari kesempatan.

Belajar tak harus melalui pendidikan formal. Kamu bisa belajar dari siapa pun, kapan pun dan dimana pun. Siapapun bisa menjadi guru, terutama pengalamanmu. Serap semua pengetahuan yang orang sekitar ajarkan padamu. Termasuk dari orang yang telah menyakiti dan mengecewakanmu. Setelah kamu mendapat ilmu baru, jangan berhenti dan bagikan lagi untuk yang lainnya.

rubicon.com
rubicon.com

Iya, kegagalan adalah bagian penting dari kehidupan. Kegagalan menjadi pijakan menuju kesuksesan. Percayalah, kekecewaan yang telah kamu alami bukan tanpa alasan. Akan ada sesuatu di balik itu, jika kamu mau mencarinya. Karena move on aja nggak cukup, yuk segera move up dan perbaiki kualitas diri.

25
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"