Bukan Cuma di Indonesia, Inilah 5 Makanan Khas Jawa yang Kepopulerannya Berhasil Mendunia

Cobain makanan yang mendunia ini yuk!!!

7
SHARES

Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah, menyimpan jutaan harta karun yang bisa dinikmati, baik itu berupa bahan tambang, bahan pangan, rempah-rempah maupun bahan obat herbal. Salah satu dari kekayaan negara kita ialah banyaknya bahan rempah-rempah yang bisa digunakan untuk pengobatan, kecantikan maupun penambah kelezatan masakan.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang makanan Indonesia yang mampu bersaing di dunia internasional. Bahkan di beberapa negara, makanan ini menjadi primadona. Tentu kita sebagai pemilik hak cipta terhadap makanan tersebut patut bangga. Namun makanan yang akan kita bahas kali ini spesifik khas orang jawa yang mendunia, baik jawa barat, jawa tengah, maupun jawa timur. Berikut ini 5 jenis makanan khas jawa yang berhasil mendunia.

1. Tempe

Meskipun bagi sebagian orang Indonesia memandang tempe sebagai makanannya orang kelas bawah, namun siapa sangka makanan yang berasal dari biji kedelai ini banyak diminati di beberapa negara, bahkan konon harga tempe di luar negeri lebih mahal dibandingkan dengan harga daging ayam. Menurut sejarahnya, tempe merupakan makanan khas orang jawa khususnya daerah Yogyakarta dan Surakarta, yang ada sejak abad ke 16. Hal itu terbukti dari manuskrip kuno serat chenitini pada bab 2 dan 12.

makanenakweb.wordpress.com
makanenakweb.wordpress.com

Serat chentini merupakan manuskrip tentang kehidupan masyarakat jaman dahulu yang berlatarkan di daerah jawa. Dalam manuskrip yang ditulis pada abad ke 16 tersebut, ada beberapa kata yang menyebutkan kata tempe, seperti pada penyebutan hidangan jahe santen tempe, yang artinya memakan tempe dengan santan, dan kadhele tempe srundengan yang pada manuskrip lain menandakan jika tempe pada saat itu menggunakan kedelai yang berwarna hitam. Tempe, ubi dan singkong pada saat itu menjadi salah satu makanan pokok ketika padi sedang mengalami gagal panen. Hal itu membuat tempe berkembang dimasyarakat jawa khususnya daerah kerajaan mataram pada abad ke 16.

satujam.com
satujam.com

Nah, saat ini tempe menjadi idaman bagi beberapa negara, seperti negara timur tengah dan negara Jepang, Korea dan Cina. Bahkan menurut Eduard Quard, seorang koki yang berasal dari Korea, dirinya telah lama jatuh hati pada tempe. saat diwawancarai beberapa wartawan di festival kuliner di Jakarta pada 2012 lalu

Namun sayangnya, meskipun secara de facto tempe merupakan makanan khas Indonesia, khususnya jawa. Namun secara de jure makanan ini dimiliki oleh Jepang. Hal itu disebabkan berkembangnya konsumsi dan produksi warga Jepang terhadap tempe yang kemudian mereka melakukan hak paten tempe di Association of Professional Culinary (ACP).

2. Sate

Makanan khas jawa yang mendunia selanjutnya berasal dari Jawa Timur, atau lebih tepatnya Madura. Sate dengan Madura merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, suatu identik yang melekat pada kedua nama itu. Namun sate tidak hanya populer di kalangan masyarakat Indonesia, di luar negeri sate merupakan mankanan favorit semua kalangan.

maksindo.com
maksindo.com

Hal itu terbukti dengan laris manisnya sate di bazar internasional yang diselenggarakan di negeri Tiongkok pada tahun 2013 lalu. Hanya sekejap mata sate habis terjual diburu para turis asing yang mengidolakan makanan ini. Tidak hanya itu, di Amerika juga terdapat restoran sate yang sangat terjenal dan populer, namanya restoran satay junction. Restoran ini selalu dipenuhi para warga New York yang mengidolakan sate. Sebenarnya selain sate Madura ada lagi sate yang terkenal, yaitu sate Padang. Sate padang juga banyak disukai oleh para turis asing baik yang ada di Indonesia maupun yang buka cabang di luar negeri.

3. Gudeg

ariffadlillah.com
ariffadlillah.com

Kalau makanan yang satu ini tentu kamu sudah tahu aslinya darimana? Yah, Gudeg merupakan makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta, namun kini banyak gudeg yang bertebaran di warung makan di beberapa daerah lain. Gudeg merupakan olahan makanan yang terbuat dari buah nangka, dengan dimasak bersama gula palem dan santan, menjadikan gudeg terasa manis gurih.

gudegkalengku.blogspot.co.id
gudegkalengku.blogspot.co.id

Gudeg tidak hanya disukai masyarakat Indonesia, bahkan penggemarnya sampai ke beberapa negara di Eropa dan Australia. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen di luar generi, kini gudeg juga tersedia dalam kemasan kaleng. Selain itu, kini gudeg khas Jogja juga terdapat di Melbourne Australia loh, disana terdapat restoran yang menyediakan makanan khas Jogja ini, tepatnya di kawasan Clayton Road.

4. Gado-gado

Tidak mau ketinggalan dari yang lainnya, gado-gadi pun hadir sebagai makanan yang populer tidak hanya di dalam negeri, melainkan juga di luar negeri. makanan khas jawa yang terbuat dari beberapa sayur myur yang drebus dan dicampur menjadi satu, dengan dibaluti bumbu sambal kacang, bawang goreng dan emping atau keru[uk sebagai pelengkapnya, membuat siapapun bakalan merasa tergiur untuk mencicipinya.

indonesiakaya.com
indonesiakaya.com

Keberhasilan kepopuleran gado-gado di kancah internasiona,l dibuktikan dengan menjuarai perlombaan memeasak di Napoli pada tahun 2010, untuk kategori tampilan sajian estetika. Memang gado-gado secara konsep menyerupai salad yang berasal dari Eropa, yaitu makanan yang terdiri dari beberapa sayuran, tapi soal rasa? Gado-gado siap diadu.

5. Nasi kuning

Menemani nasi goreng yang tenar di luar negeri, nasi kuning khas jawa juga banyak diminati di mancanegara. Rasanya yang kaya akan rempah-rempah, dan warnanya yang cerah membuat nasi kuning cepat merambat di pasaran internasional. Nasi kuning sendiri di masyarakat jawa biasanya dibuat ketika ada acara adat, atau tasyakuran. Dengan membentuknya menyerupai kerucut yang dikeleilingi lauk pauk lengkap, seperti sayuran, ayam, ikan, dan telur.

dawiels.com
dawiels.com

Itulah lima makanan khas jawa yang populer di kancah internasional. Sebenarnya masih banyak makanan Indonesia yang populer di luar generi, seperti rendang dari ranah minang, nasi padang, dan coto makassar, yang banyak ditemui di luar negeri. Bagaimana, bangga kan jadi Indonesia?

7
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,