Karena Tak Semua Orang Tua Bisa, Begini Cara Menghibur Bayi Sesuai Usianya

Balita umur 3 tahun nangis kok di puk-puk, ya mah bales…

4
SHARES

Menangis adalah satu-satunya cara bagi balita untuk berkomunikasi dengan orang dewasa. Hal ini karena mereka belum mampu mengungkapkan perasaannya secara verbal. Misalnya saja bayi berusia di bawah enam bulan, menangis bukanlah indikasi bahwa dia lapar atau haus, melainkan bosan. Jadi, bagaimana cara mengetahui apa yang sebenarnya balita inginkan?

menghibur-bayi-sesuai-umurnya

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan panik, karena justru itulah waktu terbaik untuk menghibur si kecil. Ini tidak akan sulit, asal kamu tahu apa yang menyebabkan balita ngambek, dan bagaimana mengatasinya.

Berikut penjelasannya.

Bayi 1-3 bulan sangat terhibur dengan wajah, dekapan, dan suara

Pada usia ini, berikan pelukan hangat ketika si kecil mulai mengantuk. Letakkan kepalanya di bahumu sambil diberi sedikit gerakan untuk menghiburnya. Misalnya saja dengan berjalan-jalan, duduk di kursi goyang, atau menepuk-nepuk pantatnya.

pexels.com
pexels.com

Ketika bayi terjaga, ada saatnya dia merasa bosan, apalagi jika kamu mengabaikan. Sebelum mulai kesal, lalu rewel dan menangis, letakkan bayi di pangkuanmu atau di sofa. Asalkan bisa menatapmu, bayi akan merasa lebih tenang.

Coba juga berbicara atau bernyanyi, karena otak bayi semakin aktif ketika mendengar suara ibunya. Suara lembut ibu akan mengaktifkan banyak bagian di dalam otak bayi yang secara langsung bisa sangat menghibur si kecil. Agar lebih terhibur, gerakkan tanganmu ketika bernyanyi, atau bercanda sambil mendekatkan hidungnya dengan hidungmu, juga memijat tubuh bayi dengan lembut.

Bayi usia 4 bulan – 1 tahun sangat terhibur dengan hal-hal baru

Memasuki 4 bulan, bayi semakin menunjukkan ketertarikan pada suara dan gerakan wajah. Sementara di usia 6 bulan, bayi mulai mampu menikmati irama. Setelah belajar merangkak, bayi akan mulai menjelajah dan tertarik mencoba banyak hal baru.

pexels.com
pexels.com

Pada rentang usia ini, hal terbaik yang bisa membuat si kecil terhibur adalah dengan membuat kebisingan, seperti membunyikan panci, wajan, atau barang-barang pembuat bising lainnya. Memberikan cermin juga bisa membantu, karena dia merasa sangat terhibur saat melihat bayangannya sendiri.

Di usia 1-3 tahun, batita paling suka diajak bercanda

Setelah enginjak usia satu tahun, kamu harus memperbanyak permainan, karena si kecil sangat suka dengan hal-hal konyol dan lucu dari orang dewasa. Caranya sangat mudah. Meletakkan sesuatu di atas kepalamu, mengerakkan tangan di lantai dan berpura-pura jadi laba-laba yang berjalan mendekati si kecil, atau bertingkah konyol seperti menyentuh kaki sambil bilang “Ngeeekk!”.

pexels.com
pexels.com

Namun ada kalanya si kecil seperti malas diajak bercanda sambil memasang wajah cemberut. Ini normal, karena mungkin dia merasa tidak diperhatikan sebelumnya. Untuk mengatasinya, kamu bisa menghibur dengan menggelitik diri sendiri. Awalnya dia mungkin hanya melihat kelakuanmu, tapi lama-lama pasti ingin terlibat juga, baik digelitik atau menggelitik.

Masa balita adalah masa yang sangat menyenangkan, baik untuk orang tua maupun si kecil sendiri. Karena itu, jangan pernah sia-siakan masa ini dengan tidak tanggap dan menolak tahu apa dan bagaimana sebaiknya kita memperlakukan si kecil.

4
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."