Kamu Bisa Disebut Wanita Sejati Jika Bisa Bedakan 5 Bumbu Dapur Ini

Tau bedanya? Katanya calon istri idaman~

12
SHARES

Jika ditanya, mungkin sebagian besar cewek kekinian akan lebih mengenal pasta, burger, pizza atau segala jenis makanan yang berasal dari luar negeri. Mereka bisa menghapalnya dengan mudah, bahkan bisa membedakan mana spaghetti, fettuccine, macaroni, fusilli hingga lasagna. Tapi bagaimana dengan masakan dan bumbu khas Indonesia?

Klub Gastronomi Indonesia
Klub Gastronomi Indonesia

Jangan ngaku wanita sejati asli Indonesia jika kamu belum mampu bedakan sekian bumbu dapur ini. Meskipun sering digunakan sebagai bumbu masakan sehari-hari, bumbu dapur ini belum tentu dikenali dan dibedakan satu sama lain. Memang sih sekilas bentuknya hampir sama, tapi sebenarnya sangat jauh berbeda jika kamu mau jeli mengamati. Coba deh cek seberapa paham kamu dengan bumbu-bumbu khas ini.

1. Jahe

Kamu suka wedang jahe atau ronde? Jika iya seharusnya kamu paham bagaimana bentuk jahe. Jahe memiliki bentuk seperti ruas jari manusia. Wanginya khas seperti wedang jahe atau ronde yang sering kamu minum. Untuk rasa, jahe memiliki rasa yang sedikit pedas serta dapat memberikan efek hangat apabila dimakan atau diseduh.

jejakwaktu.com
jejakwaktu.com

Kulit luarnya berwarna coklat dengan ruas-ruas mirip jari manusia yang sedikit menggembung. Ada juga yang seperti tanduk rusa. Bagian dalam jahe memiliki serta yang lembut dengan warna sedikit kekuningan. Jahe termasuk suku temu-temuan yang tak hanya untuk bumbu rempah tapi juga digunakan untuk obat.

2. Lengkuas atau laos

Biasanya sih orang-orang menyebutnya lengkuas, laos atau kelawas merupakan umbi-umbian yang biasa digunakan untuk bumbu atau pengobatan tradisional. Lengkuas memiliki tekstur kulit yang kasar dan juga aroma yang tidak terlalu kuat. Tak hanya putih, lengkuas juga ada yang berwarna merah. Ukurannya juga terbilang variatif, ada yang besar ada juga yang kecil.

jejakwaktu.com
jejakwaktu.com

Bagian dalamnya, lengkuas memiliki daging yang lebih keras dan lebih berserat. Biasanya sih akan terasa pedas jika usianya tua. Orang-orang tempo dulu sering memanfaatkan lengkuas untuk mengobati sakit kulit, jadi tak hanya sebagai rempah masakan saja.

3. Kunyit atau kunir

Kamu yang hobi minum jamu pasti sudah tak asing dengan rempah yang satu ini. Warnanya yang kuning oranye khas membuatnya paling mudah dikenali dan juga dibedakan dari yang lainnya. Kunyit memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah diiris ataupun diparut.

kabaroke.com
kabaroke.com

Jika digunakan untuk jamu, kunyit biasanya dipadukan dengan asem sehingga jadilah kunir asem. Warna kuningnya juga sering digunakan sebagai pewarna makanan. Tak hanya itu, kunyit juga memiliki khasiat sebagai obat saluran pencernaan.

4. Kencur

Kalau ibu kamu sering masak sayur bening atau lotek dengan aroma yang sedap, kencur menjadi salah satu kuncinya. Dibandingkan dengan tiga saudaranya di atas, kencur memiliki kulit yang lebih khas. Walaupun tidak memiliki aroma yang kuat, kencur sangat ampuh untuk menyegarkan aroma makanan.

stephealthylife.wordpress.com
stephealthylife.wordpress.com

Kencur memiliki daging buah yang sedikit mirip dengan kunyit, namun lebih lembut dan tentu saja sangat berbeda dari segi warna. Para orang tua meyakini kencur dapat menambah nafsu makan pada anak-anak. Selain itu kencur juga digunakan untuk bahan jamu. Pernah minum jamu beras kencur kan?

5 Temu Kunci

Yang satu ini mungkin akan lebih mudah dikenali karena memiliki bentuk yang sedikit berbeda dengan kembarannya di atas. Jika rempah yang lain memiliki cabang, temu kunci cenderung tumbuh vertikal ke bawah seperti jari-jari manusia.

zulfaza loves cooking
zulfaza loves cooking

Temu kunci ini biasanya digunakan untuk sayur bayam agar aromanya lebih sedap. Selain itu temu kunci juga memiliki khasiat mengobati gangguan pencernaan. Bahkan, daun temu kunci memiliki efek anti racun.

Bagaimana, sudah bisa membedakan kan? Jangan sampai deh malu di depan ibu mertua karena nggak bisa membedakan 5 bumbu dasar di atas.

12
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"