Ternyata Ini 5 Alasan Mengapa Orang Madura Bisa Diterima di Mana Saja

Mon ba’na penter ngargai oreng, bakal eargai oreng!

33
SHARES

Sengaja atau tidak, pasti kamu pernah melihat orang Madura di sekitar tempat tinggalmu. Bukannya sedang berkunjung, mereka memang merantau untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Nah, meski secara umum orang Madura dikenal dengan temperamennya yang tinggi, tapi mengapa mereka mudah diterima di mana saja ya?

alasan-orang-madura-bisa-diterima-di-mana-saja

Inilah yang menjadi daya tarik orang-orang Madura. Ternyata dibalik sifat kerasnya itu, mereka mempunyai banyak sifat dan perilaku yang sangat positif hingga begitu mudah diterima dengan baik di tengah-tengah masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

Hm.. apa saja ya?

1. Jiwa persaudaraan yang sangat kuat

‘Mon ba’na penter ngargai oreng, bakal eargai oreng’ adalah ungkapan yang begitu bermakna dan dihormati oleh orang Madura. Kalimat itu mempunyai arti ‘jika kamu pandai menghargai orang lain, maka kamu juga akan dihargai orang lain’.

pulaumadura.com
pulaumadura.com

Karena itulah mengapa mereka pandai menciptakan ikatan persaudaraan yang kuat dengan banyak orang meskipun berbeda latar belakang dan budaya. Bahkan, solidaritas orang Madura dikenal dan diakui sebagai salah satu yang terbaik di Inodnesia.

2. Ulet dan pekerja keras

Lagi, di Madura ada sebuah pepatah kuno yang begitu dijunjung tinggi penduduknya, berbunyi ‘abantal omba’ asapo’ angen’ atau berbantal ombak berselimut angin. Pepatah ini menggambarkan karakter tangguh serta pantang menyerah orang-orang Madura.

deviantart.net
deviantart.net

Perantau dari Madura umumnya memulai usaha dari nol, sepertibekerja sebagai pedagang kaki lima, sopir angkutan umum, penjaja sayur, dan yang paling terkenal: penjual sate keliling dan tukang pangkas rambut. Mereka berusaha dari bawah, terus tekun, dan pantang menyerah sampai kesuksesan berhasil digenggam.

3. Tegar menghadapi rintangan

Selain ulet dan pekerja keras, orang Madura juga dikenal tegar saat dihadapkan pada masalah yang begitu pelik dan menguras pikiran. Asam garam dan pahit manisnya perjuangan dijalani dengan penuh optimisme. Karakter dasar inilah yang sebenarnya membuat banyak orang Madura berani merantau.

hipwee.com
hipwee.com

Merantau bukanlah hal yang mudah. Ada banyak ujian yang harus dilalui di tanah orang sebelum akhirnya benar-benar bisa berhasil dan sukses. Dan, ketegaran itu membuat mereka sangat kuat dari segi psikologi sehingga bagi mereka, sukses bukanlah hal yang mustahil.

4. Tegas dan konsisten dalam hal kebenaran

Menyinggung sedikit soal pewayangan, orang Madura ternyata menjadikan tokoh Baladewa sebagai panutan. Meskipun tokoh ini memiliki karakter tegas dan kaku, tapi ada beberapa sifat yang begitu positif darinya, yaitu konsisten dalam hal kebenaran, jujur, adil, dan tak pernah ragu berkorban demi kebaikan.

plat-m.com
plat-m.com

Bersumber dari sifat Baladewa itu, begitu juga yang akan kita lihat dari orang Madura. Jika mau memperhatikan dengan lebih teliti, mereka bukannya keras, namun tegas. Mereka sangat tegas jika sudah menyangkut hal yang melibatkan benar dan salah.

5. Kemandirian yang sangat kuat

Hal terakhir yang membuat orang Madura begitu mudah diterima di berbagai wilayah Indonesia adalah sifat kemandiriannya. Demi menjaga martabat dan kehormatan, mereka rela dan ikhlas melakukan sesuatu yang menurutnya baik tanpa bergantung pada orang lain.

pikiran-rakyat.com
pikiran-rakyat.com

Daripada harus merepotkan orang lain, orang Madura lebih suka berusaha sendiri dengan kemampuan dan kekuatan yang dimiliki. Leluhur Madura yang digambarkan sebagai nelayan dan pelaut tangguh telah menjadikan orang-orangnya memiliki nyali yang sangat kuat.

Hm.. kalau merantau ke seluruh wilayah Indonesia saja bisa dan diterima dengan mudahnya, pastinya mereka juga punya nyali untuk mengadu nasib ke luar negeri dong…

33
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."