7 Hal yang Harus Dilakukan Seorang Ibu Agar Bisa Melahirkan Buah Hati Cerdas

Kalau buah hati cerdasnya di atas rata-rata, kamu juga kan yang bangga?

2
SHARES

Seperti merencanakannya, kehamilan harus disikapi dengan sangat serius. Karena jika kamu tidak bertanggung jawab dengan mengabaikan setiap fasenya, maka konsekuensi yang akan kamu terima bisa sangat buruk. Kita sekarang tidak akan membahas soal konsekuensi itu, namun apa yang harus kamu lakukan seorang ibu agar buah hati dalam kandungan bisa lahir dengan predikat luar biasa cerdas!

cdn.skim.gs
cdn.skim.gs

Seperti halnya bidang lain, para ahli medis sebenarnya tidak memiliki teori pasti tentang apa saja yang harus dilakukan oleh seorang ibu hamil untuk memastikan bayi yang dikandungnya mempunyai kecerdasan di atas rata-rata. Namun, ada semacam pola-pola tertentu yang bisa kamu maksimalkan agar mampu diterima dengan baik oleh buah hati yang masih ada di dalam kandunganmu itu.

1. Persiapkan waktu untuk bercerita

Meskipun bayi dalam kandungan tidak bisa memahami kata-kata, namun membacakan dia cerita akan mempengaruhi caranya mengenali suaramu. Dan percaya atau tidak, dia benar-benar bisa mengingatnya. Hal ini karena pondasi bahasa sudah mulai berkembang di rahim. Dan sekitar bulan kesembilan, buah hatimu sudah bisa mendengar dan menghafal jenis-jenis suara itu.

teamajesty.com
teamajesty.com

Jadi, tidak perlu terlalu dini untuk mulai membacakan dia cerita. Sampai hari itu tiba, kamu bisa pergi ke toko buku dan memilih kumpulan dongeng terbaik untuk dibaca.

2. Pastikan kamu selalu terkena sinar Matahari setiap hari pagi

Vitamin D yang terdapat dalam sinar Matahari sangat penting bagi kamu dan buah hati. Jadi setelah masa kehamilan tiba, kamu harus membuat jadwal baru untuk setidaknya berjemur selama 20 menit setiap hari hari. Vitamin D adalah kunci untuk membantu pengembangan tulang. Beberapa ahli medis bahkan mengaitkan kekurangan vitamin ini dengan resiko autisme si buah hati.

charityworld.com
charityworld.com

Jadi, jangan pernah lewatkan kesempatan terbaik untuk mandi sinar Matahari setiap pagi. Namun juga jangan lupakan kesehatan kulit. Kalau dirasa cukup panas dan membakar kulit, kamu bisa menggunakan krim anti UV terpercaya.

3. Berikan sentuhan pada buah hati

Agar terjalin ikatan luar biasa antara kamu dan si buah hati, maka berikan dia sentuhan lembut sejak dini. Setelah kehamilan menginjak minggu ke-20, buah hatimu sudah mampu merasakan sentuhan. Jadi, tunggu apa lagi? Ambil beberapa minyak esensial dan lakukan pijatan lembut dan ringan pada area kandungan.

techtimes.com
techtimes.com

Ingat.. lakukan sesi pijatan ini dengan menyenangkan dan pastikan bisa membantumu bersantai!

4. Musik sehat untuk buah hati sehat

Di awal sudah disebutkan bahwa bayi mampu mengenali suara. Untuk hal ini, kamu akan mendapatkan reaksi yang lebih baik dengan musik dan lirik. Ketika kamu bernyanyi untuk si buah hati, hal itu akan membantunya memproduksi serotonin dan zat kimia pemicu kebahagiaan lain.

sciencedaily.com
sciencedaily.com

Kalau pun mungkin kamu tidak bisa bernyanyi, kamu masih bisa mendapat efek yang sama dengan memutar musik klasik atau bermain salah satu alat musik, misalnya.

5. Pintar memilih makanan

Hamil adalah masa dimana kamu bisa makan apa saja yang kamu inginkan, kecuali makanan yang mengandung banyak merkuri. Zat ini banyak ditemukan pada beberapa jenis ikan seperti hiu, tuna, dan ikan todak, sehingga sebisa mungkin kamu harus menghindarinya. Namun sebaliknya, ikan yang kaya akan asam lemak seperti salmon sangat baik untuk kandunganmu.

ealthblog.ncpa.org
healthblog.ncpa.org

6. Ibu hamil butuh keseimbangan

Saat hamil, kamu harus mendengarkan tubuhmu dan melakukan apa yang dikatakan. Sangat penting untuk tetap aktif, karena kamu dan buah hati perlu beberapa latihan untuk memepersiapkan kelahiran. Untuk itu, hari-harimu harus selalu diisi dengan istirahat, makan makanan sehat dan olahraga –sesuatu yang mungkin selalu kamu abaikan sebelumnya.

babyclub.asda.com
babyclub.asda.com

7. Tidak boleh stress

Setelah kamu mengetahui bahwa kamu sedang hamil, maka kamu tidak boleh merasa stress di dalam maupun luar rumah. Segala sesuatu dan semua orang yang menyebabkan kamu merasa cemas dan khawatir harus dilupakan untuk sementara waktu. Hal ini karena apa yang buah hatimu rasakan adalah sama persis dengan apa yang sedang kamu rasakan.

parents.mdpcdn.com
parents.mdpcdn.com

Untuk memulainya, kamu bisa melatih kesabaran dengan meditasi atau yoga. Namun kalau kamu tidak bisa melakukannya karena beberapa alasan, maka kamu tidak perlu melakukan apa-apa. Kamu hanya harus memastikan bahwa saat ini, hidupmu benar-benar bahagia dan siap menyambuat si buah hati yang cerdas, sehat, dan bahagia.

2
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."