6 Kenyataan Tentang “Hidup” Ini Tak Bisa Diubah, Jalani Saja Agar Waktumu Tak Terbuang Sia-Sia

Karena hidup terlalu berharga untuk kamu sia-siakan

37
SHARES

Karena takdir merupakan ketentuan Tuhan yang tak bisa diubah oleh manusia, bagaimanapun caranya. Berbeda dengan nasib yang diijinkan berubah hanya jika kamu berusaha dan pantang menyerah, serta tak lupa berdoa pastinya. Oleh karena itu kamu harus mulai memahami kenyataan hidup yang bisa dan tak bisa kamu ubah.

Pixhome
Pixhome

Tekun dan pantang menyerah memang sebuah keharusan untuk mencapai kesuksesan serta untuk mengubah nasib menjadi lebih baik. Tapi kamu harus ingat, ada beberapa hal yang tak bisa kamu ubah sama sekali meski dengan cara apapun. Coba deh pahami kenyataan berikut biar kamu nggak buang-buang waktu.

1. Kamu tidak hidup untuk selamanya

Tak ada salahnya jika kamu berusaha sekuat tenaga untuk meraih sesuatu, justru itu harus kamu lakukan. Tapi jangan sampai merugikan diri sendiri. Di tengah kegilaan dalam bekerja maupun belajar, kamu tetap harus memperhatikan diri sendiri. Menjaga diri adalah sebagian tugasmu dalam hidup.

picswalls.com
picswalls.com

Karena hidup hanya sekali saja, usahakan untuk menggunakan waktumu seefektif mungkin. Jangan biarkan waktumu untuk menikmati hidup justru terbuang percuma hanya karena terlalu keras mengejar sesuatu yang tak bisa kamu miliki selamanya.

2. Kamu tak bisa menyenangkan semua orang

Keinginan yang sangat mulia jika kamu ingin membuat orang-orang di sekitarmu merasa bahagia. Meskipun begitu, kenyataannya kamu tak akan pernah bisa membuat semua orang merasa senang dengan apa yang kamu lakukan. Akan selalu ada orang-orang yang tak setuju dengan kamu karena memang kalian hidup dalam standar yang berbeda.

pinimg.com
pinimg.com

Oleh karena itu, hiduplah dengan jujur dan sesuai dengan kemampuan diri. Berusahalah membahagiakan orang-orang yang jadi prioritasmu saja. Selebihnya gunakan waktumu untuk membahagiakan dirimu sendiri.

3. Tidak ada kata sempurna

Di dunia yang sangat luas ini, percayalah tak ada satupun hal yang berhak menyandang kata “sempurna” kecuali Tuhan yang Maha Segalanya. Berusahalah untuk mencapai sesuatu yang terbaik, bukan yang tersempurna. Jangan hanya melihat ke atas, cobalah sesekali melihat ke bawah sehingga kamu merasa kesempurnaan sangat tak dibutuhkan dalam hidup.

msecnd.net
msecnd.net

Berhentilah untuk menjadi seperti orang lain. Berhentilah mendambakan hidup yang sempurna. Kamu hanya perlu melakukan yang terbaik untuk hasil yang baik pula. Jangan sia-siakan waktumu hanya untuk mengejar kesempurnaan. Jalani dan lakukan yang kamu bisa, sebaik mungkin.

4. Waktu tidak akan kembali

Meratapi apa yang telah pergi dan apa yang telah berlalu hanya akan menjadi pekerjaan sia-sia bagimu. Waktu yang telah berlalu tak akan bisa kembali, bahkan satu detik yang telah kamu lewatkan untuk membaca kalimat ini. Jika kemarin kamu mengalami sebuah kepahitan, berusahalah untuk mendapat kemanisan di waktu yang akan datang.

businessinsider.com
businessinsider.com

Apa yang sudah berlalu hanya bisa kamu jadikan pelajaran agar tidak terulang di masa depan. Meratapi, menyesali, atau mengutuk diri atas apa yang terjadi di hari lalu hanya akan membuat waktumu terbuang dengan sangat percuma.

5. Kamu tak bisa mengendalikan perasaan dan pikiran orang lain

Akan menjadi suatu hal yang sia-sia bagimu saat mencoba mengubah apa yang orang lain pikirkan atau rasakan. Mungkin kamu bisa mempengaruhi pikiran mereka, tapi kamu tak akan bisa menentukan apa yang selanjutnya mereka pikirkan. Bahkan untuk menebaknya saja kamu tak akan bisa. Mengontrol pikiran orang lain adalah suatu hal mustahil yang tak bisa kamu lakukan dalam hidup.

lifehack.org
lifehack.org

Tak jauh berbeda dengan pikiran, kamu juga tak bisa mengontrol perasaan seseorang. Kamu tak akan bisa mendapatkan hati orang lain, jika orang tersebut tidak berniat memberikannya padamu. Begitupula rasa cinta. Kamu tak akan bisa memaksa orang lain untuk mencintaimu, jika orang tersebut tak ingin memberikan cintanya padamu.

6. Yang telah pergi tak bisa kembali “utuh”

Kamu mungkin dapat mencari sesuatu yang baru untuk menggantikan yang lama. Tapi ketahuilah yang lama, yang telah pergi tak akan pernah bisa kembali lagi. Meskipun akhirnya dia kembali dengan sedikit paksaan, semuanya tak akan pernah sama. Pernah dengar pepatah “Gelas yang telah pecah, tak akan bisa kembali seperti semula”? Seperti itulah kira-kira.

ilovehdwallpapers.com
ilovehdwallpapers.com

Hal ini berlaku untuk hubungan dengan orang lain. Kepercayaan, integritas, dan juga hati tak akan bisa kembali dengan utuh setelah semuanya ‘pergi’ dan hilang. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menjaga semua itu. Karena untuk mengembalikannya seperti semula adalah sia-sia.

Oleh karena itu, berhentilah menyiksa diri dengan melakukan sesuatu yang sia-sia. Hidup hanya sekali saja dan kamu harus benar-benar memanfaatkannya dengan baik. Jangan sia-siakan hanya untuk mengejar apa yang tak bisa kamu miliki selamanya. Fokus saja untuk membahagiakan diri sendiri mulai sekarang 🙂

37
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"