Kamu yang Punya Kipas Angin di Kosan, 6 Fakta Ini Harus Kamu Ketahui

Anak kosan wajib tahu!

Kipas angin merupakan salah satu alat yang sangat berguna untuk mendinginkan udara, menghilangkan pengap dan juga melenyapkan rasa gerah yang amat mengganggu. Apalagi untuk anak kos, kipas angin menjadi benda vital yang harus ada. Apalagi jika kosnya nggak ada AC.

Tapi tahukah kamu? Ternyata penggunaan kipas angin tidak boleh sembarangan lho. Apalagi jika digunakan dalam kamar kos yang notabene penuh dengan barang-barang. Jadi, 6 fakta ini harus kamu ketahui biar nggak salah dalam memanfaatkan kipas. Oh iya, juga demi kesehatan!

amazonaws.com
amazonaws.com

1. Jangan gunakan saat lembab

Kamar kos yang berukuran standar sangat rentan terkena lembab. Apalagi kamar kos yang memiliki kamar mandi di dalam dan genteng yang bocor. Alih-alih menggunakan kipas untuk mengeringkan kamar, justru nantinya kipas kamu yang akan berkarat.

youtube.com
youtube.com

Kipas angin tak akan mendinginkan namun justru menyerap uap air yang dihasilkan oleh ruangan yang lembab. Hal ini akan membuat mesin kipas angin kamu cepat panas dan mempercepat penyebaran karat. Sering menggunakan kipas saat lembab justru akan memperpendek usia kipas.

2. Jangan letakkan di sebelah TV

Jarang sekali diperhatikan, kebanyakan justru menaruh kipas angin di sebelah TV. Padahal menurut yang dilansir dari mahrudinda.blogspot.co.id kipas angin akan merusak layar televisi jika kamu menaruhnya berdekatan atau bahkan tepat di samping TV.

Info Seputar Ternate
Info Seputar Ternate

Hal ini disebabkan oleh daya elektromagnetik dari kipas yang sudah berputar terlalu lama. Karena berdekatan, daya dari kipas akan ditarik oleh daya dari televisi. Akibatnya kinerja telvisi menjadi kurang baik hingga kerusakan total pada layar.

3. Gunakan kipas untuk menjaga kondisi barang elektronik

Berbeda dengan kipas angin yang akan merusak layar televisi, kipas angin mini justru bisa kamu gunakan untuk memperpanjang umur barang elektronik. Misalnya saja laptop dan juga modem. Jika kamu mengarahkan kipas ke barang-barang tersebut saat dipakai, akan mengurangi panas yang berlebih. Sehingga laptop akan lebih awet dan kondisinya lebih terjaga.

tokopedia.net
tokopedia.net

4. Menjadi beban listrik terbesar

Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan anak kos adalah malas mematikan kipas angin dan membiarkan kipas menyala dalam waktu yang cukup lama. Kebiasaan buruk inilah yang menyebabkan kipas cepat rusak dan juga menjadi beban listrik yang paling besar. Karena semakin lama pemakaian kipas, beban listrik yang digunakan akan semakin membesar.

Kos Putri Bungsu Pekanbaru
Kos Putri Bungsu Pekanbaru

Untuk mensiasati hal ini, penggunaan kipas harus lebih diatur lagi. Kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya dan harus dimatikan. Jangan biarkan kipas menyala saat tak diperlukan.

5. Jangan arahkan kipas langsung ke tubuh

Ada banyak resiko kesehatan yang bisa terjadi akibat penggunaan kipas yang berlebih, apalagi secara langsung diarahkan ke tubuh. Yang pertama adalah cairan tubuh akan berkurang. Ruangan dingin akan membuat tubuh kekurangan air. Dengan mengarahkan kipas langsung ke badan akan menurunkan suhu tubuh. Hal ini akan menyebabkan berkurangnya cairan tubuh.

baxtercompanies.com
baxtercompanies.com

Selain itu mengarahkan kipas langsung ke tubuh akan membuat kulit menjadi kering. Karena kulit membutuhkan kandungan air dalam darah yang terus mengalir di tubuh. Diterpa angin secara terus-menerus dalam waktu lama dan dari arah yang sama akan mengurangi cairan tubuh dan emmbuat kulit kering.

6. Menyebarkan debu

Hal ini akan terjadi terutama jika kondisi kos dan juga kipas jarang kamu bersihkan. Ruangan akan penuh dengan bakteri, kuman dan debu yang berterbangan apalagi terkena hembusan angin dari kipas. Jika terhirup, apalagi dalam waktu lama akan menyebabkan masalah pernapasan. Jadi sering-seringlah bersihkan kamar kos dan juga kipas ya.

baxtercompanies.com
baxtercompanies.com

Untuk kamu yang anak kos, setidaknya kamu harus tahu 6 fakta di atas agar tidak salah kaprah dalam menggunakan dan memanfaatkan kipas angin. Jangan sampai, kipas yang seharusnya menyejukkan malah jadi berbahaya bagi sekitar dan juga kesehatan.

Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"