Biar Dapet Banyak “Like”, 5 Langkah Mudah Hasilkan Foto Bagus di Malam Hari Tanpa Lampu Flash

Foto malam hari tanpa flash? Nggak masalah, fotomu tetap bisa dapat banyak “like”

Bisa dibilang memotret saat malam hari itu susah-susah gampang. Susah disini lebih karena minimnya cahaya saat malam hari. Hal ini akan mengakibatkan gambar yang kamu potret menjadi kurang oke. Oleh karena itu, kebanyakan orang memilih menggunakan lampu flash agar gambar terlihat lebih bagus. Iya, flash memang sangat bermanfaat untuk menerangi objek di saat minim cahaya.

yanphoto.com
yanphoto.com

Untuk kamu yang menggunakan kamera DSLR atau SLR, sebenarnya ada lho cara keren untuk mengambil gambar di malam hari. Apalagi kalau kamu tidak terlalu menyukai lampu flash, trik berikut ini akan sangat membantu. Hasil foto di malam hari akan terlihat lebih artistik meskipun tanpa lampu flash.

1. Tingkatkan ISO

Salah satu trik sederhana menghasilkan foto bagus di malam hari tanpa menggunakan lampu flash adalah dengan meningkatkan ISO. Semakin tinggi ISO yang digunakan, akan semakin memudahkan kamu mengambil foto pada saat minim cahaya. Tapi salah satu resiko penggunaan ISO adalah munculnya noise. Meskipun begitu, penggunaan ISO masih menjadi solusi bijak untuk berfoto tanpa flash, terutama pada malam hari.

cloudfront.net
cloudfront.net

2. Gunakan format RAW

Solusi lain berfoto di malam hari tanpa flsh adalah dengan menggunakan format RAW atau gambar mentah untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik. Dengan menggunakan format RAW kamu bisa dengan mudah mengambil kontrol atas hasil jepretanmu. Jadi, dengan fomat ini kamu bisa mengolah lagi gambar dengan menggunakan software editing untuk memaksimalkan hasil foto yang diambil meskipun tanpa menggunakan flash.

andyrenard.se
andyrenard.se

3. Atur apperture priority ke f-stop paling rendah

Tak hanya meningkatkan ISO atau mengubah format foto menjadi RAW, mengatur apperture priority ke f-stop paling rendah juga perlu kamu lakukan untuk dapatkan foto yang lebih bagus. Setiap kamera biasanya memiliki f-stop terendah hingga f/1.8 atau mungkin bisa juga lebih rendah.

modernlensmagazine.com
modernlensmagazine.com

Penggunaan f-stop yang paling rendah ini memungkinkan kamu mendapatkan hasil foto yang lebih jernih. Meskipun kondisi di sekitar yang sangat minim cahaya, foto kamu dijamin lebih oke.

4. Turunkan exposure compensation

Cara yang lain adalah dengan menurunkan exposure compensation. Hal ini bisa dilakukan jika tiga pengaturan di atas masih menghasilkan shutter speed yang terlalu rendah untuk dipegang. Turunkan saja exposure compensation hingga satu stop. Langkah ini akan meningkatkan shutter dan kemudian mengubah exposure-nya saat post-produksi menggunakan format RAW.

belindashi.com
belindashi.com

5. Gunakan software noise reduction

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan demi foto kece di malam hari tanpa bantuan flash adalah dengan menggunakan software noise reduction. Software ini bisa kamu gunakan untuk mengurangi grain dan juga noise yang didapatkan dalam hasil jepretan. Dengan begitu foto yang hasilkan akan makin keren meskipun tanpa bantuan lampu flash.

youtube.com
youtube.com

Nah itulah 5 langkah mudah untuk mendapatkan foto bagus di malam hari tanpa lampu flash. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan banyak like di sosial media. Selamat mencoba!

Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"